Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Review Senyummu Surgaku: Tentang Bakti dan Ego Diri

Senyummu Surgaku bukan drama lebay berderai air mata, kita akan dibuat terenyuh karena konflik dan ceritanya yang memang menyentuh

Sepeninggal bapak, Yuli (Widi Dwinanda), Ega (Miqdad Addausy), dan Elin (Masayu Clara) menjual rumah bapak mereka. Dan ini berdampak pada di mana ibu (Yessy Gusman) akan tinggal. Akhirnya ibu memutuskan untuk tinggal secara bergilir di rumah mereka.

Pertama ibu tinggal di rumah Yuli yang sudah bersuamikan Angga (Ade Firman Hakim). Tapi kehadiran ibu malah membuat rumah tangga Yuli cekcok. Kemudian ibu tinggal di rumah Ega, dan kejadian serupa pun terjadi. Pun dengan Elin, dan di antara mereka bertiga seringkali terlibat pertengkaran. Tapi apakah benar cekcok itu disebabkan karena kehadiran ibu?

Kalau saya diminta jadi siapa saya di film ini, saya adalah seorang cucu (anak kecil) yang muncul di awal film dan bilang 'drama banget sih keluarga ini'. Anak kecil bilang begitu setelah menyaksikan diskusi Yuli, Ega, dan Elin tentang harta kakeknya sesaat setelag kematian sang kakek. Kasarnya, kuburannya saja belum kering, mereka sudah ber-drama tentang harta.

Saya pernah mengalami fenomena ini bertahun-tahun silam kala kakek dari ibu meninggal. Karena suatu masalah internal (bukan hutang), rumah kakek dijual. Dan berdampak pada nenek saya seperti di film ini. Nenek saya harus bergilir tinggal mulai dari rumah uwa (panggilan untuk kakak dari ibu), di rumah ibu, hingga di rumah bibi. Kadang saya melihatnya kasihan, kenapa nasib nenek harus seperti itu di masa tuanya. 

Terkadang juga saya melihat kesalahpahaman antara ibu dan saudara-saudaranya. Ya, betul-betul persis seperti konflik yang digambarkan dalam film arahan Azhar Kinoi Lubis ini. 

Namun, di balik itu semua, Senyummu Surgaku yang memotret realita yang dekat dengan kehidupan kita ini memberikan refleksi lain. Seringkali kita membantu orangtua dan merasa ingin menunjukkan siapa yang paling berbakti di antara saudara yang lain, padahal kita sedang berbakti pada ego kita sendiri. Entah Yuli, Ega, atau Elin merasa dirinya paling berhak merawat ibu. 

Lalu, di rumah siapa yang dipilih Ibu Habibah pada akhirnya?/Citra Sinema

Penulis M. Haris Suhud (langganan Citra Sinema), sekali lagi menunjukkan kepiawaiannya dalam merekontruksi kondisi sosial budaya masyarakat ke dalam media audio visual. Karakterisasi Yuli & Ega yang sama-sama keras adalah dua contoh yang disodorkan, sehingga Senyummu Surgaku tidak berpihak pada istri atau suami dalam hal peran di sebuah rumah tangga.

Ditinjau dari segi teknis, kualitas #SinemaWajahIndonesia produksi Surya Citra Televisi & Citra Sinema ini nggak pernah kaleng-kaleng. Dalam film ini, aspek kontinuiti artistik sangat menonjol sekali. Salah satunya tergambar dari foto bapak dalam figura yang selalu menjadi transisi babak. Hal ini bisa ditafsirkan sebagai pengingat para karakter bahwa setinggi apa pun ego manusia, akhirnya akan tetap sama: Kematian.

Departemen akting pun menyuguhkan performa terbaik mereka. Kolaborasi mereka terasa sangat solid dan intens. Meski begitu, kamu tenang saja, Senyummu Surgaku bukan drama lebay berderai air mata, kita akan dibuat terenyuh karena konflik dan ceritanya yang memang menyentuh. Dan penampilan Ence Bagus yang menurut ibu 'cukup tampan', berduet dengan  Deddy Mizwar, bolehlah sebagai bonus humor.

Kata orang, perempuan itu jinak-jinak merpati/Citra Sinema
Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

46 comments

  1. Aku tu sukaknya nonton citra entertainment.. yang FTV haha.. kalo sinetron ga sabar nunggu cerita sleanjutnya :) xixi
    1. Ya, kan ini FTV.
  2. Paling suka nih artis nyayessy gusman, dramanya keren banget, wajib ditonton nih
    1. Ya, silakan.
  3. Deddy Mizwar sebagai apa main di di fil, Senyummu Surgamu, Bang?

    Kalau beliau main, asli nih bukan kaleng-kaleng filmnya. Beliau gak pernah main dalam film yang asal-asalan. Jadi penasaran saya ...
    1. Silakan temukan jawabannya di Film Senyummu Surgaku, bisa disaksikan di vidio(dot)com.
  4. Kondisi dan konflik yg sering kita temukan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat kita. Penasaran gimana cerita seluruhnya sehingga Raja bilang film ini ga menyuguhkan aksi lebat sebagaimana biasanya film Indonesia...
    1. Silakan temukan jawabannya di Film Senyummu Surgaku, bisa disaksikan di vidio(dot)com.
  5. perpaduan antara yessy gusman dan Deddy Mizwar pasti menghasilkan perpaduan film yang berkualitas, apalagi sutradaranya juga bagus. pasti kece banget nih filmnya
    1. Silakan buktikan sendiri.
  6. Kisahnya nyambung dengan pengalaman sendiri. Nama sutradaranya pun semarga ya. Kebetulan?
    1. Haha. Mungkin
  7. Related banget kisahnya, nenek yang hidupnya nomaden :(
    Pernah baca dimana ya, kisah mirip ini juga sampe akhirnya si nenek memutuskan untuk tinggal di panti jompo aja. sedih lah pokoknya :(
    1. Ya sedih, tapi perlu memang melihatnya dari beragam sudut pandang.
  8. Ini idenya menarik banget. Banyak terjadi di dalam kehidupan nyata. Termasuk saya pun sedang mengalaminya. Meskipun ceritanya agak sedikit berbeda.

    Ditambah lagi dengan para pemerannya yang memang sudah terbukti kualitasnya. Jadi bikin saya semakin penasaran dengan jalan ceritanya
    1. Betul. Lebih membumi dan dekat dengan kehidupan masyarakat.
  9. Udah lama rasanya ga nonton sinetron macam gini, tapi kalo ada dedy mizwar kayanya menarik nih
    1. Lebih ke FTV yang sekali habis.
  10. Aku jarang banget nonton tv jadi gak tau kalau ada sinetron begini. Tapi sepertinya sinetron ini menarik ya jalan ceritanya.
    1. Ya setelah baca, kira-kira gimana impresinya?
  11. Ini sinetron atau FTV ya?? sekilas ceritanya mirip dengan film film pendek dari Tiongkok..
    1. FTV tayang di SCTV. Tapi bisa ditonton di vidio(dot)com
  12. Wah memang ini film mengangkat realita di masyarakat kita ya Raja, contohnya dua komen di atas saja sudah mewakili...hehe.. Jadi semakin harus mengingatkan nih mendidik anak itu harus betul betul agamanya tidak hanya konsep tapi tataran aplikasi jadi nanti mereka akan betul-betul memuliakan dan ingin ibunya bahagia. Alhamdulillah ibu di rumah terlihat bahagia dan menikmati masa tuanya, kami biarkan beliau memilih sesuai keinginannya. Walau 'terpaksa' harus ada yg berkorban pindah menemani ibu di rumah... :D Jadi pengen nonton nih apalagi ada Dedi Mizwar sepertinya akan bagus moral ceritanya juga...
    1. Akhir film ini juga begitu. Anak-anak mengalah dan membiarkan ibu memilih sesuai keinginannya.
  13. Kalau potret masyarakat di sini, masing-masing anak berlomba menjauhi tugas merawat ibu. Tapi ada juga yang berlomba merawat ibu. Yang jelas keduanya mengingatkan pada hasil pengasuhan ibu dan seberapa layak kita disayang oleh anak.
    Kok saya sampai ke situ?
    1. Wah, masyarakat daerah mana tinggal nya bu Susi?
  14. Faktanya emang banyak kejadian seperti itu, agak miris juga sih. Semoga kita kita ini tidak seperti itu y mba
    1. Baik MBA
  15. Semoga ini cuma ada dicerita aja ya, karena biasanya yang aku tau semua pada berlomba merawat orangtua
    1. Di film ini juga para karakter berlomba merawat ibu kok.
  16. Salfok ama pemain ibunya itu si Mbak Yessie Gusman yang bgtu populer jaman dulu,,aplagi pas main bareng Rano Karno di film Galih dan Ratna
    1. Populer di zamannya.
  17. ini sinetron baru ya mba? ada tv di rumah tapi gak pernah distel jadi gatau haha. semoga sinteron kali ini lebih baik lagi dan enggak seperti dulu, ya.
    1. FTV sekali habis MBA
  18. Hihi di Netflix ada gak nih bang? Penasaran pengen nonton juga deh jadinya atau cuma di Vidio.com?
    1. Only di Vidio.com sementara ini.
  19. penasaran ama filmnya, semoga semoga bisa nambah pengetahun dan ilmu juga soal sosial masyarakat kita
    1. Ya.
  20. penasaran juga aku sama film inii. ini ada di netflix atau di channel lain ngga ya?
    1. Sementara ini hanya di vidio(dot)com
  21. Pengen nonton deh. Tayang dimna kak? Ceritanya kayak kehidupan kita sehari2
    1. Sementara ini hanya di vidio(dot)com
  22. Realita masyarakat sih ini ceritanya. Di film India juga ada cerita gini.
    1. Film apa tuh Kak yang India?
  23. Wah kalau yang main Yenny Gusman dan Deddy Mizwar, saya yakin cukup layak tonton lah. Tema ceritanya juga membumi banget, banyak ditemukan di masyarakat.
    1. Yupz!
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meniggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan kata-kata kasar.