Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

6+ Film Tentang Konflik India - Pakistan yang Seru Untuk Ditonton

Pelajaran tertinggi dari film – film ini adalah tentang bela negara dan cinta tanah air

Semenjak masa pemisahan India – Pakistan dan memperoleh kemerdekaannya dari kerajaan Inggris pada 1947, rupanya nggak membuat kedua negara ini damai begitu saja. Konflik dan perang beberapa kali terjadi di antara India dan Pakistan.

Namun bagi sineas, sebuah peristiwa yang terjadi bisa menjadi ide dasar pembuatan film. Banyak sekali film India yang memuat konflik India – Pakistan sebagai latar film.

Dalam rangka merayakan kemerdekaan India yang diperingati setiap tanggal 15 Agustus, kami rekomendasikan 6 film India yang berhubungan dengan Pakistan.

Cekidot!

1. Raazi (2018)

Pilih negara atau suami?

Film arahan Meghna Gulzar ini mengambil latar pada perang India-Pakistan 1971. Ceritanya sendiri tentang seorang perempuan India yang dikirim ke Pakistan untuk menjadi mata-mata.

Perempuan tersebut adalah Sehmat Khan (Alia Bhatt) yang harus menikahi pemuda Pakistan. Pernikahan ini terjadi karena ayah Sehmat dan ayah suaminya adalah sahabat dekat.

Tapi satu hal yang nggak disadari oleh si pemuda Pakistan dan ayahnya tersebut adalah kehadiran Sehmat dengan tujuan lain. Yakni untuk mengumpulkan semua informasi strategi Pakistan mengingat waktu perang India – Pakistan semakin dekat.

Film yang juga didukung oleh Vicky Kaushal, Soni Razdan, dan Rajit Kapur ini tampil sangat menegangkan. Kamu akan sama nggak tenangnya dengan Sehmat yang nggak ingin samarannya terbongkar.

2. The Ghazi Attack (2017)

Siapakah yang memenangkan pertempuran?

Di daftar kedua ada film drama perang yang masih mengambil konflik India – Pakistan pada 1971. Film ini menceritakan tentang pertempuran dua kapal selam, masing-masing milik India dan Pakistan.

Diceritakan kapal selam Pakistan yang saat itu merupakan kapal selam terbaik dunia, akan menyerang India. Berita ini pun sampai kepada India. Dan India pun berniat melawannya sebelum kapal selam Pakistan berhasil menghancurkan India.

Hampir sebagian besar film arahan Sankalp Reddy ini berlatar di dalam gerbong kapal selam yang patroli di lautan lepas. Oleh karenanya, film drama perang ini tampil tidak seperti film perang pada umumnya yang berlatar udara atau darat.

Tidak ada pertempuran head to head antar pasukan, The Ghazi Attack sangat mengandalkan kepekaan insting, kemampuan menangkap dan membaca koordinat, hingga kemampuan matematis.

Jika peristiwa KRI Nanggala 402 yang tenggelam dan dinyatakan hilang kontak pada April lalu membuat kamu terharu, perasaan yang sama akan kamu rasakan ketika menonton film yang dibintangi Ranna Daggubati ini.

Pasalnya, film ini nggak hanya bicara tentang strategi perang tapi juga kehidupan manusia-manusia di dalamnya lengkap dengan segala rasa dan emosinya.

3. Romeo Akbar Walter (2019)

Seperti biasa, John Abraham sangat piawai ketika bersinggungan dengan peran psikologis

Selanjutnya ada film yang dibintangi oleh John Abraham sebagai pemeran utama. Film ini hampir serupa dengan Raazi yakni tentang seorang India yang dikirim ke Pakistan untuk menjadi mata-mata.

Cerita bermula dari RAW, badan intelijen India, yang menawari Romeo Ali pekerjaan yang ia impikan yakni melayani negara. Romeo pun menerima pekerjaan tersebut, dan memulai misinya ke Pakistan dengan mengubah indentitasnya menjadi Akbar Malik.

Tapi rupanya, tugas menyamar ini nggak semudah yang ia kira. Penyamarannya di Pakistan hampir terbongkar, dan tidak ada satu pun yang bisa menolong. Sekadar informasi, salah satu kontrak RAW dengan agennya adalah jika penyamaran seorang agen terbongkar, RAW akan lepas tangan.

Menyadari hal ini, Romeo Ali/Akbar Malik melakukan hal besar yang mungkin tak pernah terpikirkan selama hidupnya. Keputusannya ini juga membuat ia tidak bisa menghadiri pemakaman ibunya.

4. Kaappaan (2019)

Judul lain film ini adalah Bandobast

Film arahan K. V. Anand ini dibuka dengan adegan penyerangan terhadap kantor menteri India yang diduga dilakukan oleh teroris Pakistan. Hal ini dilakukan dengan banyaknya terduga teroris Pakistan yang ditangkap India. Jadi mereka melakukan misi menangkap menteri untuk ditukar dengan rekannya yang sedang ditahan.

Konflik India-Pakistan menjadi pemantik utama film yang dibintangi Suriya Sivakumar dan Boman Irani ini. Tapi seiring berjalannya waktu, Kaappaan justru punya hal lain yang lebih menarik untuk ditawarkan yakni tentang konspirasi politik.

Selain itu, Kaappaan juga menyoroti persoalan pertanian sebagai senjata biologi yang bisa digunakan sebagai media perang.

Ada satu dialog menarik yang dilontarkan oleh Duta Besar Pakistan ketika Perdana Menteri India memanggilnya untuk kasus penyerangan terorisme ini. Begini bunyinya:

‘Jadi kau menyalahkan kami untuk setiap banjir atau topan di negaramu?’

5. Gopichand Chanakya (2019)

Ada sisi romansa dan keluarga yang membuat film ini tampil haru

Film ini bercerita seorang agen RAW, Arjun Srikar (Gopichand), yang tak terkalahkan. Ia mendapat misi untuk menangkap Sohail, teroris terbesar di India yang saat ini bermukim di Karachi, Pakistan. Ia terpaksa mendatangi Pakistan setelah keempat rekannya diculik dan disekap di Karachi.

Tapi ternyata perjalanan dalam membebaskan keempat rekannya tak berjalan mulus. Meski mendapat bantuan dari Zubeda, agen RAW di Pakistan, nyatanya Arjun tetap tak bisa menjangkau musuhnya. Ya, wilayah Karachi memang dikuasai Sohail, dan ia memang menginginkan Arjun untuk memasuki wilayahnya.

Mungkin kamu berpikir, meskipun mendapat tantangan yang besar di wilayah orang lain, Arjun sang jagoan akan berhasil menyelamatkan keempat rekannya pada akhirnya. Jika iya kamu berpikir demikian, kamu salah besar.

6. Tiger Zinda Hai (2017)

Cinta yang terhalang konflik negara

Jika kelima film lainnya menceritakan perseteruan India – Pakistan, justru di film arahan Ali Abbas Zafar ini mereka bersatu.

Begini!

Tiger (Salman Khan) adalah seorang agen RAW, sementara Zoya (Katrina Kaif) adalah agen ISI, badan intelijen Pakistan. Keduanya terpaksa menyatukan timnya untuk menghadapi teroris Abu Usman di Irak.

Anak buah Abu Usman menyandera sejumlah warga sipil yang terdiri dari warga India dan Pakistan. Masing-masing negara memerintahkan Tiger dan Zoya untuk menyelamatkan sesama warganya. Hal ini membuat mereka melupakan sejenak perseteruan yang terjadi.

Film ini adalah lanjutan dari Ek Kha Tiger (2012), saat pertama kali Tiger dan Zoya bertemu dan akhirnya jatuh cinta. 

7. Pathaan (2023)

Nggak mau ketinggalan dari Salman Khan dan Hritik Roshan yang jadi agen RAW, mega bintang bollywood Shah Rukh Khan membintangi karakter serupa. Berperan sebagai Pathaan, seorang agen RAW yang sangat diandalkan oleh pemerintah India.

Pathaan mendapat misi untuk memburu Jim, mantan agen RAW yang kini bergabung dengan pemerintahan Pakistan. Jim yang diperankan oleh John Abraham ini membelot dari RAW karena merasa disia-siakan oleh pemerintah India.

Saat Jim tertangkap dalam suatu kesempatan, pemerintah India tidak peduli padanya yang menyebabkan istrinya dan calon bayi yang masih dalam kandungan ibunya, meninggal dunia.

Film arahan Siddharth Anand ini mendapuk Deepika Padukone sebagai love interest bagi Pathaan. 

Satu hal lain yang menarik adalah hadirnya Tiger (Salman Khan) dan mendapat spotlight dalam satu sekuens adegan berlatar kereta api. Sangat yakin duetnya bersama Shah Rukh Khan di adegan tersebut, bakal bikin kamu bersorak-sorai kegirangan.


Secara laga, film ini tetap memberikan pengalaman menyenangkan sebagaimana Tiger Zinda Hai dan War, yang sama-sama bercerita tentang misi seorang agen RAW.

Sebetulnya masih banyak film India yang belatar konflik India – Pakistan. Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa film-film tersebut terkadang tidak semuanya diangkat dari kisah nyata. Ada pula yang dikembangkan dengan tujuan dramatisasi cerita.

Dalam sebuah karya seni terutama film, hal tersebut merupakan suatu yang wajar. Bahkan di pembuka beberapa film, seringkali terdapat ‘disclaimer’ agar penonton bisa bersikap lebih bijaksana menanggapi apa yang disuguhkan film.

Karena seharusnya film bukan menjauhkan, tapi bisa mendekatkan dua budaya bangsa karena tak tersekat perbatasan

Raja Lubis
Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

10 comments

  1. Kalau dari sejarah yang aku baca, India dan Pakistan ini berpisah salah satunya latar belakang agama. Jadi India Hindu, sedangkan Pakistan muslim. Ini akrisnya yang aku tahu Alia Bhatt, ada film dia di Netflix aku tonton. Aktingnya kece banget emang.
    1. Dari beberapa filmnya pun aku menangkapnya demikian.
  2. Banyak juga ya film dengan latar cerita konflik India-Pakistan. Kalau tahu sejarahnya mungkin bisa lebih enjoy filmnya ya? Aku sendiri kurang tahu juga tentang konfliknya
    1. Nggak perlu tahu dulu sih, nonton mah nonton saja dulu sebagai hiburan. Setelahnya kalau memang ingin mendalami lagi atau membuat ulasan, baru mencari referensi.
  3. Dari sinopsis yang diceritakan mas Raja, nampaknya lebih deg-degan film nomor satu ya. Wanita jadi mata-mata itu keren!wakakak. Apalagi kalau uda menyangkut keluarga atau masalah hati. Cerita film kalau lebih kompleks lebih seru dan ngga ngebosenin. Saya butuh liat full film nih biar ngga timpang komennya hihi.
    1. Raazi memang keren dan menegangkan. Silakan coba ditonton.
  4. Oh iyaya... India Pakistan ini gak jauh beda sama Korut Korsel yang apa-apa bisa jadi ancaman hubungan kedua negara.
    Justru hi-lite ini yang menjadi menarik. Apalagi ada bumbu romancenya kaya Raazi. Pasti mengharu biruu..
    1. Nah, nice! Ayo bikin juga listicle versi Korea-nya. Hehe
  5. Udah lama banget ngga nonton film India. Bisa banget nih jadi referensi nonton film India. Untuk judul film yang terakhir, "kappaan" Jadi berasa ditanya -_- Terima kasih infonya, Kak :)
    1. Sama-sama.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.