Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Multitalenta, Daftar Jebolan Indonesian Idol X yang Terjun ke Dunia Akting

Kayaknya mereka mengikuti jejak Ihsan, jawara Indonesian Idol musim ketiga yang kini lebih banyak mengisi FTV daripada menelurkan lagu
Percuma juara satu, toh pasti kalah tenar sama yang juara dua

𑁋 bacot netizen

Bagi penggemar ajang pencarian bakat, khususnya Indonesian Idol, pasti sering mendengar kalimat di atas. Sebuah kalimat yang dianggap sebagai kutukan bagi sang jawara yang karirnya tidak akan lebih terkenal daripada sang runner-up.

Apakah benar demikian? Rupanya kutukan tersebut tidak berlaku bagi Indonesian Idol X (musim ke-10) yang mentasbihkan Lyodra Ginting sebagai jawara dan Tiara Andini sebagai runner-up. Keduanya sama-sama bersinar setelah lulus dari Indonesian Idol dua tahun lalu.

Bahkan, meski terlewati oleh Indonesian Idol Special Season (musim ke-11) yang mendapatkan Rimar sebagai jawara, karir Lyodra dan Tiara tetap bersinar sampai hari ini.

Hal lain yang nggak kalah menarik dari Indonesian Idol X adalah tidak hanya mereka berdua yang bersinar. Sebagian besar kontestan lain yang nggak masuk grand final pun sama-sama aktif berkarya dan digemari karyanya. Nggak salah kalau banyak orang menganggap Indonesian Idol X adalah musim terbaik dari ajang pencarian bakat menyanyi tersebut.

Dan yang lebih membanggakan, karir mereka nggak hanya di dunia tarik suara saja, tapi juga sudah merambah ke dunia akting.

Berikut lima jebolan Indonesian Idol X yang turut serta meramaikan dunia perfilman Indonesia:

1. Lyodra Ginting

Still photo karakter Gina di serial 7 Hari Sebelum 17 Tahun/Stro

Kita mulai dari sang jawara. Karirnya di dunia tarik suara terbilang sukses. Beberapa lagu seperti Gemintang Hatiku, Mengapa Kita #TerlanjurMencinta, Tentang Kamu, Kalau Bosan, Pesan Terakhir, dan Dibanding Dia, menjadi hits di berbagai layanan aplikasi pemutar lagu.

Nggak cukup di situ saja, Lyodra merambah ke dunia akting lewat serial 7 Hari Sebelum 17 Tahun. Dalam serial tersebut, Lyodra memerankan karakter Gina, seorang remaja SMA yang gemar mem-bully. Dipercaya berperan antagonis, Lyodra berhasil memerankannya dengan cukup baik.

Dalam debut perdananya tersebut, ia langsung berduet dengan pemain muda berbakat seperti Tissa Biani, Endy Erfian, Marcell Darwin, hingga pemain senior Leily Sagita.

7 Hari Sebelum 17 Tahun berhasil masuk nominasi Serial Web Terpuji Festival Film Bandung 2021 dan The 10 Best Asian Films and TV Shows of 2021 versi NME

2. Tiara Andini

Nggak sabar pengin lihat si ayang/Falcon Pictures

Sang runner-up yang juga sukses dengan hits seperti Gemintang Hatiku, Maafkan Aku #TerlanjurMencinta, 365, Menjadi Dia, dan Merasa Indah ini nggak mau ketinggalan. Nggak lama setelah lulus dari Indonesian Idol X, Tiara Andini muncul di sinetron Amanah Wali 4.

Kemunculannya di sinetron ini memang hanya sebagai bintang tamu. Dan hanya tampil di beberapa episode saja. Tapi gebrakan luar biasanya adalah Tiara Andini dipercaya menjadi pemeran utama dalam film My Sassy Girl.

Film tersebut merupakan remake dari film Korea tahun 2000-an berjudul sama. Konon katanya, My Sassy Girl merupakan salah satu film Korea yang sukses di Asia.

Dan nggak tanggung-tanggung, Tiara Andini akan berduet dengan aktor muda yang sedang naik daun, Jefri Nichol.

3. Mahalini Raharja

Ia juga beradu akting dengan Indro Warkop/Falcon Pictures

Di Indonesian Idol X, Mahalini harus berbesar hati karena langkahnya terhenti di babak Top 5. Tapi hal tersebut nggak menyurutkan langkahnya untuk berkarya sebagai penyanyi. Terbukti lagu Melawan Restu dan Sisa Rasa adalah dua karyanya yang sangat populer di telinga masyarakat Indonesia.

Nggak mau kalah dengan dua temannya, Mahalini memulai debut perdananya di dunia akting lewat film Kapan Pindah Rumah. Dalam film arahan Herwin Novianto tersebut, ia memerankan karakter Kanaya anak bungsu dari seorang ibu tunggal yang diperankan oleh Cut Mini.

Wah, debut perdana langsung main bareng Cut Mini. Keren ya!

4. Novia Bachmid

Serem banget sumpah/Silentd Pictures

Digadang-gadang menjadi kandidat kuat jawara Indonesian Idol X, langkah Novia malah harus terhenti di babak Top 8. Bahkan, untuk membuat penonton lebih deg-degan, saat eliminasi ia ditempatkan bersama Lyodra di posisi bottom two. Sebuah gimmick yang bagus! Heheh

Novia merilis single perdananya bertajuk Ingin Jatuh Cinta, delapan bulan setelah lulus dari Indonesian Idol. Namun sayangnya, lagu tersebut nggak sepopuler lagu-lagu yang dirilis oleh ketiga temannya.

Ia baru mencapai popularitasnya kala didaulat menjadi penyanyi dalam duet Alffy Rev bertajuk Wonderland Indonesia. Pasti kamu tahu kan lagu ini?

Dan kini, Novia pun mencoba peruntungannya di dunia film. Ia dipercaya menjadi pemeran utama dalam film horor Menjelang Magrib karya sutradara Helfi Kardit. Filmnya sendiri akan tayang di bioskop mulai 31 Maret 2022. Jangan lupa nonton ya!

5. Keisya Levronka

Penampilan Keisya Levronka (kiri) di Jingga dan Senja/Rapi Film

Nggak mau ketinggalan dari empat rekannya, Keisya Levronka yang terhenti di babak Top 12 ini pun turut meramaikan dunia akting. Penampilan perdananya bisa disaksikan di film Dear Nathan Hello Salma. Ya, walau di film yang dibintangi Amanda Rawles tersebut, Keisya baru sebatas figuran.

Tapi ia mulai mendapat peran dengan porsi yang lebih besar di serial Jingga & Senja. Dalam serial arahan Agus Kuntz ini ia berperan sebagai Fio, teman dekat dari sang tokoh utamanya, Tari (Yoriko Angeline). Kalau meminjam istilahnya zaman sekarang, Fio ini adalah bestie-nya Tari. Jadi ya di mana ada Tari di situ ada Fio.

Selain Jingga dan Senja, Keisya juga ikut terlibat dalam serial My Nerd Girl. Dan kabar burungnya, ia pun sedang merampungkan beberapa proyek webseries lainnya.

Hm… walaupun nggak masuk 10 besar Indonesian Idol, tapi karir aktingnya tampak lebih menjanjikan.


Nah, kalau kamu ingin menyaksikan sebagus apa akting mereka, kamu bisa nonton saja langsung karya-karya mereka. Saya kasih bocoran di mana kamu bisa nonton:

No Judul Media Notes
1. 7 Hari Sebelum 17 Tahun Stro TV
2. My Sassy Girl Sedang dalam proses produksi
3. Kapan Pindah Rumah Klik Film
4. Menjelang Magrib Bioskop 31 Maret 2022
5. Jingga dan Senja Vidio
6. My Nerd Girl Vidio Now Playing

Jadi siapa kontestan Indonesian Idol X favoritmu?

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

18 comments

  1. Kalau saya paling suka sama mahalini raharja karna menurut saya lagunya tuh enak banget didenger sopan halus gitu pas masuk telinga. Apalagi untuk lagu melawan restu sampai trending di malaysia loh. Duh aku nge fans banget sama dia
    1. Mantap. Emang lagu Melawan Restu ini termasuk hits banget.
  2. Wah, saya terakhir nonton Indonesian Idol itu kapan ya? Pas Delon jadi juara kayanya...ya belum lama juga kan 🤭

    Anyway luar biasa ya talenta para jebolan Idol X. Saluut.
    1. Wkwkwk, Delon itu generasi pertama tahun 2004. Ya sih belum lama banget xixixi.
  3. Jadi siapa juara Indonesian Idol X favoritmu?
    Jawaban saya : ndak ada 🙏🏻😂.
    Ngga mengikuti sayanya huhuhu (orangnya kolot emang), tapi multitalenta juga ya ternyata jebolan Indonesian Idol musim ke 10 nya. Hebat!
    1. Kalau juaranya cuma satu Lydra doang. xixix

      Ya, no problem. Setiap orang kan punya interestnya masing-masing
  4. Pas lyodra baru pertama kali muncul, terus mengenal lebih dalem jadi suka bangett, apalagi suaranya merdu banget dan enak didenger
    1. Emang keren Lyodra sih. Lagu apa nih favoritnya?
  5. Kalo idol jaman dulu juga rata2 juga merambah dunia artis. Tiara dan lyodra itu cantik. Jadi gampang nembus dunia tv. Btw aku baru tahu keysha itu juga dari idol.
    1. Nggak semua sih, dan jarang juga yang bertahan di dunia akting.
  6. Eh iya yaaa.. Aku pernah jg dengar bacotan itu. Pas itu aku ga nerima donk karena Joy lebih bagus drpd Delon wkwk..ga kerasa indonesian idol udah yg sepuluh aja, dulu nntn yg kedua aja seringnya 😃j
    1. Hahha iya, tapi emang juara sesungguhnya Joy sih. Kalau yang kedua Mike sama Judika sama-sama bagus.
  7. Gak ada yang saya kenal, Mas. Saya nonton Indonesian Idol tahun-tahun pertama, kalo sekarang udah gak pernah nonton lagi jadi nama-nama di atas masih asing di telinga saya
    1. ya semoga dengan baca tulisan ini, jadi nggak asing lagi.
  8. indonesian Idol X memang bagus-bagus sih ya kontestannya kayaknya. saya malah nggak tahu lagi pemenang indonesian idol sesudahnya karena kayaknya nggak sebooming yang sebelumnya
    1. Ya idol special season dipaksakan tayang pas pandemi, karena mungkin ngelihat kesuksesan Idol X, tapi zonk sih menurut saya.
  9. Mereka berbakat ya
    Selain suara bagus juga pandai akting jadi wajar kalau kesempatan terbuka luas di bidang ini
    Saya sih acting bagus, tapi suara hancur hahaha
    1. Wuih, mantap jago akting.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meniggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan kata-kata kasar.