Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

4 Film Indonesia Tayang Lebaran 2023

Mulai dari drama, komedi, hingga horor, menjadi sajian Film Indonesia Lebaran 2023. Menarik!

Sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya, lebaran kerap kali dijadikan momen kumpul bersama keluarga. Menikmati dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih. Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan adalah nonton bareng di bioskop.

Terkait hal tersebut, setidaknya ada empat film Indonesia yang bisa kamu tonton bersama orang-orang tersayang di lebaran 2023.

Apa sajakah film-film tersebut? Cekidot!

1. Buya Hamka Vol. I (Drama, Biopik)

Film Indonesia pertama yang bisa menjadi pilihan tontonan adalah Buya Hamka. Film ini menceritakan kisah hidup seorang pejuang, sastrawan, dan juga ulama besar Indonesia, Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau yang lebih dikenal dengan Hamka.

Menggandeng Vino G. Bastian sebagai Hamka, film arahan Fajar Bustomi ini berdurasi total 7 jam yang akan terbagi dalam tiga volume. 

Pada volume 1, Buya Hamka mengambil latar ketika Hamka menjadi pengurus Muhammadiyah di Makassar. Diceritakan Hamka berhasil memberi kemajuan yang pesat pada organisasi tersebut.

Selain itu, Hamka juga mulai menulis sastra koran dan cerita roman yang sangat disukai masyarakat. Kesuksesannya di dunia sastra membuat Hamka diangkat menjadi pemimpin redaksi Pedoman Masyarakat di Medan.

Tapi naas, jabatan barunya ini malah membuat Hamka mulai berbenturan dengan pihak Jepang karena dianggap berbahaya. Hamka pun melakukan usaha pendekatan terhadap Jepang yang berujung dianggap penjilat dan musuh bangsa.

Oia, selain Vino G. Bastian, film Buya Hamka juga didukung oleh sederet pemeran papan atas mulai dari Laudya C. Bella (istri Hamka), Desy Ratnasari, Donny Damara, Anjasmara, hingga Reza Rahadian.

2. Jin & Jun (Remaja, Komedi)

Dari genre drama biopik, penonton juga akan dimanjakan oleh genre remaja komedi berjudul Jin & Jun

Ya, kalau kamu generasi 90-an pasti nggak asing lagi dengan judul ini. Sebuah serial televisi legendaris yang kini dibuat ulang versi layar lebarnya.

Dari sisi cerita, Jin & Jun versi Anggy Umbara ini bercerita tentang Jun (diperankan Rey Bong), seorang remaja SMA yang kerap kali mendapat perundungan di sekolah. Pasalnya ia berasal dari keluarga miskin. Dan Jun seringkali tidak mampu melawan teman-teman yang merundungnya.

Suatu ketika Jun menembukan botol kosong yang sesungguhnya tidak kosong. Botol tersebut berisi jin yang bisa mengabulkan segala permintaan. Dengan penemuan ini, Jun berharap sang Jin bisa menyelesaikan masalahnya di sekolah. 

Tapi satu hal yang tidak disadari oleh Jun adalah setiap permintaan yang ia inginkan akan membuahkan konsekuensi lain bagi dirinya.

Oia, karakter Jin diperankan oleh aktor serba bisa Dwi Sasono. 

3. Khanzab (Horor)

Berangkat dari Makmum (short movie) karya Riza Pahlevi, cerita tentang orang salat yang diganggu setan sudah menemukan semestanya sendiri. Film pendek tersebut telah diadaptasi menjadi film panjang pada 2019, dilanjut dengan sekuelnya di 2021.

Sementara Khanzab merupakan spin off dari kedua seri Makmum tersebut. Khanzab sendiri adalah sebutan bagi setan yang sering menganggu orang salat. Sehingga cerita Khanzab akan fokus pada sosok setan pengganggu tersebut.

Ceritanya berawal dari seorang perempuan bernama Rahayu (Yasamin Jasem) yang trauma akan kematian ayahnya di masa lalu. Pada tahun 1988, ayahnya meninggal dengan cara dipenggal. Hal tersebut dikarenakan ayahnya dituduh sebagai dukun santet.

Peristiwa tersebut seringkali menghantui Rahayu sekalipun ia sedang dalam keadaan salat.

Lantas apa hubungan peristiwa kematian ayahnya di masa lalu dengan setan khanzab yang menerornya di masa kini?

4. Sewu Dino (Horor) 

Selain Khanzab, film horor lain yang turut serta dalam parade film Indonesia lebaran 2023 adalah Sewu Dino. Film ini masih satu semesta dari KKN di Desa Penari karena sama-sama diadaptasi dari cerita karya SimpleMan.

Bahkan dalam press conference-nya beberapa waktu lalu, sang produser menggadang-gadang Sewu Dino bakal lebih seram dari KKN.

Apakah benar begitu? Just wait and see!

Sewu Dino sendiri bercerita tentang sosok Sri (Mikha Tambayong), perempuan desa yang bekerja sebagai perawat pribadi di keluarga Atmojo. Tugas utamanya adalah merawat Della Atmojo, anak Pak Atmojo yang masih SMA, yang mengalami sakit parah dan badannya berbau busuk.

Dengan upah yang besar Sri menerima pekerjaan tersebut walau dengan risiko yang tinggi. Karena konon katanya, Della Atmojo terkena santet sewu dino. Dan santet tersebut bisa menular kepada orang yang merawatnya.

Akan seperti apa nasib Sri di film yang diarahkan oleh Kimo Stamboel ini?

Silakan tonton trailernya di video yang berada di bawah masing-masing judul film


Itulah empat film Indonesia yang bisa kamu tonton di Lebaran 2023. Catat waktunya! Keempat film tersebut akan tayang serentak mulai Kamis, 20 April 2023. Segera susun jadwal nonton kamu!

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

18 comments

  1. Wah, ada banyak pilihan film. Jin dan Jun ini aku inget banget waktu aku masih SMP sering tayang di TV. Lucu dan menghibur. Dan yang horor, hm..mikir dulu ah kalo mau nonton. kalo sendirian jelas atuutt..hehe..
    1. Yuk nostalgia lagi di bioskop bersama Om Jin.
  2. Penasaran ama jin dan jun soalnya dulu waktu SD nonton sinetronnya (versi Sahrul Gunawan). Dan sekarang om jinnya kok gini ya? Banyak yg bilang gak serem tapi malah mirip ama personel band kuburan.

    Kalo film horor skip dulu deh.
    1. Kalau nonton trailernya, ketemu sih kenapa Om Jin mirip personel Kuburan Band.
  3. Waah ada Jin dan Jun versi movie! Kangen masa-masa SD nih wkwk (ketahuan udah tua)

    Yang horor ini sepertinya menantang untuk ditonton. Tapi gak berani nonton sendirian 😆
    1. Ajak bestie-bestie nya kak buat nonton horor bareng.
  4. Wah banyak juga ya film film baru yang bisa kita tonton saat lebaran
    Ada Jin dan Jun, jadi ingat dulu senang nonton sinetron nya
    1. Standar empat film. Sebelumnya bisa lima film.
  5. saya salah satu penyuka sinetron jin dan jun waktu masih sekolah dulu. dan surprisingly sekarang ada filmnya. jadi penasaran pengen nonton nih
    1. Selamat menonton nanti.
  6. Jadi penasaran sama film jin dan jun nih ceritanya masih seru dan lucu kayak dulu ga ya. Eh kok bnyk film horor yg diputar saat lebaran juga nih, perasaan biasanya film2 inspiratif gt film religinya
    1. Horor mendominasi. Untuk religinya mungkin bisa memilih Buya Hamka
  7. Folm Indoneaia identik bangey sama genrs horor ya. Aku pas deh klo horor. Tapi aku tertarik sama film Hamka mas kmr sempet liat trailernya kayanya oke banget. Film2 kaya gini harus lebih sering diproduksi
    1. Sepakat! Film-film yang membawa nilai-nilai kebaikan harus banyak diproduksi.
  8. Kemarin, seorang teman post buku tentang biografi Buya Hamka. Aku tanya, bukannya dia sudah baca buku itu? Ternyata belum dan dia semangat membacanya karena filmnya mau tayang.

    Hm,
    Bener sih. Kalau based from story, memang lebih enak baca bukubya dulu, dibayangkan, trus dibandingkan sama versi filmnya. Pasti gambarannya akan lebih kuat
    1. Kabarnya memang ada bukunya. Tapi film ini tidak didasarkan pada buku tersebut, malah kata penulisnya buku ini ditulis berbarengan dengan filmnya.

      *Semoga pikiran kita sama buku apa yang dimaksud*
  9. Aku tim horor.
    Mau nonton Sewu Dino.
    Rasanya seru gitu ya.. lebaran sambil nonton film bareng-bareng sepups sama ponakan.
    1. Hype-nya lebih berasa ya jerit-jeritan bareng di bioskop.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.