Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Rekomendasi Film Bertema Pembajakan Pesawat dengan Plot Twist Terkeren

Film bertema pembajakan pesawat selalu seru disaksikan. Selain tawarkan aksi ketegangan, juga seringkali hadirkan kisah humanisme

Rasanya sudah banyak film yang bercerita tentang pembajakan pesawat dalam sebuah penerbangan komersil. Rata-rata polanya adalah pesawat tersebut dibajak oleh sekelompok orang yang seringkali disebut teroris.

Dalam melakukan pembajakan, teroris tersebut memiliki motivasi tertentu yang kadang berkaitan juga dengan agama. Dan dalam perjalanannya, film berusaha menggambarkan bagaimana seluruh kru dan penumpang pesawat bekerjasama untuk bertahan hidup dari serangan teroris tersebut.

Tapi semakin film seperti ini dibuat, semakin banyak eksplorasi dan inovasi yang diberikan. Baik itu dari sisi alur cerita, pengadeganan, ataupun motif utama pembajakan pesawatnya.

Berikut rekomendasi film tentang pembajakan pesawat yang tampil beda karena punya plot twist yang keren dan nggak terduga:

1. 7500 (2019)

Akting Joseph Gordon-Levitt adalah nyawa terbesar film ini/imdb.com

Di nomor pertama ada film berjudul 7500. Dari judul saja, film ini nggak banyak basa-basi. Pasalnya dalam dunia penerbangan, angka 7500 adalah kode darurat untuk pembajakan pesawat. Jadi, jika pesawat terindikasi dibajak, pilot akan mengirimkan kode 7500 ke menara pengawas di bandara.

Film arahan Patrick Vollrath ini sepenuhnya mengambil latar di pesawat. Sepanjang film, penonton akan disuguhkan bagaimana kekejaman teroris dalam membunuh penumpang karena sang kapten tidak berkenan membukakan kokpit untuk para teroris.

Poin ini juga menyoroti sisi humanisme seorang First Officer Tobias Ellis (Joseph Gordon-Levitt) yang terjebak antara rasa ibanya kepada para penumpang dan kru yang dibunuh dengan aturan tidak boleh membukakan kokpit dalam keadaan apapun.

Namun, ada satu hal yang saya kurang suka dari film ini adalah pengadeganan yang dilakukan sutradara terhadap para pembajak. Dari adegan dan dialog yang tergambar, motif utama pembajakan pesawat terkesan memojokkan salah satu agama, tanpa dibarengi narasi penawar.

2. Blood Red Sky (2021)

Lebih takut ditembak teroris atau digigit zombie?/imdb.com

Nggak kalah menarik dengan 7500, film pembajakan pesawat selanjutnya adalah Blood Red Sky. Langsung saja saya sebutkan keunikan film arahan Peter Thorwarth ini. Yakni bagaimana film memadukan aksi pembajakan pesawat dengan karakter vampir (zombie).

Bisa dibayangkan gimana ngerinya pembajakan pesawat oleh teroris, tapi di saat yang bersamaan ancaman juga datang dari vampir, si makhluk yang haus darah.

Cerita Blood Red Sky berfokus pada seorang perempuan bernama Nadja (Peri Baumeister) yang hendak pergi ke New York (Amerika Serikat). Ia terbang dari Berlin, Jerman, bersama anak laki-lakinya, Elias (Carl Anton Koch). Tujuannya adalah untuk pengobatan karena Nadja menderita penyakit aneh yang harus disembuhkan di New York.

Secara umum Blood Red Sky hadirkan aksi laga yang super duper seru dan menegangkan. Tapi nggak ketinggalan film ini juga memberikan hati yang sangat maksimal.

Ada satu adegan puncak ketika akhirnya sang ibu berkorban untuk menyelamatkan anaknya, yang malah membuat saya nangis sejadi-jadinya. 

Bukan hanya soal pengorbanan orangtua yang hampir pasti bikin penonton nangis, tapi narasi dan pengadeganan yang dilakukan film ini betul-betul menyentuh sisi hati manusia yang paling dalam.

3. Plane (2023)

Kapten Torrance berusaha selamatkan penumpang yang disandera/imdb.com

Tanpa basa-basi, Plane membuka filmnya dengan adegan turbulensi yang membuat kapten pilot Brodie Torrance (Gerard Butler) melakukan banyak manuver demi menyelamatkan pesawat dan seluruh penumpang di dalamnya.

Sayangnya, usahanya sia-sia belaka. Sehingga pesawat harus mendarat darurat di sebuah pulau yang belum diketahui identitasnya.

Agak berbeda dengan 7500 dan Blood Red Sky yang menghabiskan sebagian besar durasi dengan adegan di dalam pesawat, Plane membelokkan haluan dengan memperbanyak adegan di luar pesawat.

Film arahan Jean-Franois Richet ini justru memberikan keseruan pertarungan antara kapten Torrance dengan penduduk setempat di pulau tersebut. Yang belakangan diketahui dihuni oleh gerakan separatis yang kejamnya minta ampun.

Mereka menyandera para penumpang dan meminta tebusan pada kerabatnya. Dan tak segan membunuh para sandera jika keinginan tebusan tidak terpenuhi.

Satu hal yang saya suka, film ini mengaburkan identitas para pembajak sehingga tidak terkesan identik dengan satu agama atau kelompok tertentu.

Walaupun jika kita googling nama pulau yang dijadikan latar, kita akan menemukan kenyataan bahwa pulau tersebut memang dihuni oleh gerakan separatis kelompok tertentu. Dan ternyata pernah ada kejadian WNI (Warga Negara Indonesia) yang disandera di sana.

4. Chor Nikol Ke Bhaga (2023)

Siapa sesungguhnya dalam di balik pembajakan pesawat ini?/imdb.com

Jika ketiga film sebelumnya dibuat oleh sineas Amerika dan atau Eropa, kita beralih ke India. Mari kita berkenalan dengan film pembajakan pesawat lainnya lewat Chor Nikol Ke Bhaga.

Film arahan Ajay Singh ini berfokus pada pasangan kekasih Ankit (Sunny Kaushal) dan Neha (Yami Gautam) yang merencanakan pencurian berlian di dalam pesawat. Neha sendiri berprofesi sebagai pramugari di pesawat tersebut.

Pencurian tersebut mereka lakukan demi membayar utang Ankit di masa lalu yang jumlahnya sangat besar. Dan satu-satunya peluang mereka adalah pencurian berlian di pesawat, karena ketika berada di ketinggian, berlian yang diselundupkan dalam ponsel ber-GPS tersebut, tidak akan terlacak.

Tapi rupanya rencana mereka berantakan, tatkala pesawat yang mereka tumpangi tiba-tiba dikejutkan dengan aksi pembajakan oleh sekelompok manusia bertopeng yang menuntut sesuatu.

Sampai sini, cerita Chor Nikol Ke Bhaga mungkin biasa saja untuk film bertema pembajakan pesawat. Tapi bukan India namanya kalau nggak mampu menyusun plot twist yang berlapis.

Tentunya saya nggak akan bilang, apa yang menjadi keseruan tertinggi film ini. Kamu cukup perhatikan secara detail karakter-karakter yang di-flash out sejak awal film.

Perhatikan juga bagaimana film ini berkisah antara masa kini di pesawat dengan cerita Ankit dan Neha di masa lalu.

Sehingga, ketika plot twist berlapis itu terbuka di akhir-akhir film, kamu tidak akan terlalu terkejut karena sebetulnya film sudah memberikan penanda sebelumnya.


Demikianlah, rekomendasi film bertema pembajakan pesawat dengan plot twist terkeren. Kamu yang suka film bergenre seperti ini dan ingin mendapatkan pengalaman sinematik yang berbeda, nggak ada salahnya untuk menonton deretan film di atas.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

24 comments

  1. dari keempat film pembajakan yang disebutkan di atas, kayaknya saya tertarik buat nonton film ke 1, ke 3 dan ke 4. kalo film ke 2 ga tertarik soalnya saya anti film zombie atau vampir, takut liatnya wkwk. dan btw kenapa ya kalo film pembajakan itu suka cenderung mengarah ke salah satu agama :(
    1. Jika motifnya terorisme, biasanya identik dengan satu kelompok/agama tertentu. Tapi nggak semua ditreat begitu. Termasuk no.4 yang purely hiburan.
  2. Saya sudah nonton Plane, yang main Gerard Butlerr duh idola saya banget mas. Keren banget sih menurut saya aksinya meskipun dia berperan sebagai pilot
    1. Mantap! Kunci utama mengapa Plane menarik salah satunya memang pada penampilan Gerard Buttler.
  3. Film Pembajakan selalu menarik karena ada thriller dan actionnya. Saya sudah nanti semua kecuali yg India yang nomor 4. Suka deg-degan nontonnya, semoga ga kejadian di dunia nyata deh
    1. Sip.
  4. Aku malah jadi penasaran nih, latar lokasi pulau yang dihuni para kelompok separatis ini tuh apa dan dimana. Sepertinya perlu kepoin film Plane lebih jauh.
    1. Silakan digoogling. Nggak jauh dari Indonesia kok tempatnya.
  5. Wiiiih film-fikm ini cocok banget buat ngisi liburan sekolah. Udah lama juga nggak nonton film yang berat-berat gini. Makasih kak rekomendasinya.
    1. Sama-sama. Tapi termasuk film yang kagak berat sih sebetulnya.
  6. Hmm bikin saya harus nonton supaya enggak takut lagi sama ketinggian apalagi kalau dalam pesawat karena setidaknya punya gambaran situasi palih darurat
    1. Ok!
  7. Aduh, langsung tertarik sama Plane. Oke, weekend punya list film berkat mas raja. Hahah. Terima kasih lho ya
    1. Sama-sama.
  8. Aku dah nonton plane. Seru juga. Aku penasaran sama lokasi film pembajakan pesawat ini, pake pesawat beneran ato boongan yah
    1. Mantap!
  9. Baru tau kalo Joseph Gordon Levit maen film pesawat-pesawatan juga ya. Selama ini taunya doi main film a hundred days of summer doang wkwkwk

    Tapi kalo aku mah lebih suka nonton Airplane crash investigation di Disney+, meskipun bukan film murni, melainkan dokumenter. Tapi seru aja gitu membahas dan mengupas berbagai kecelakaan pesawat.
    1. Banyak sih dia main filmnya, dan beragam pula karakternya.
  10. Belum nonton semuanya nih. Suka keder sendiri kalau nonton yang bikin deg-degan tuh. Apalagi di sebuah pesawat. Shock parah pasti ya penumpangnya tuh. Tapi penasaran film no 4 kayaknya seru.
    1. Silakan ditonton.
  11. Penasaran yg film India. Seperti apa sih plot twist berlapis? Ini pemulis skenarionya pasti kece banget.

    Film India sekarang bagus2 ya dan gak melulu bertrma percintaan dan joget2 aja.

    Film bertema pembajakan seru ya dan bikin deg2an nunggu endingnya happy or sad.

    Oh ya semua film bisa ditonton di aplikasi mana?
    1. Kalau yang India sama Blood Red Sky ada di Netflix. 7500 di Prime Video. Kalau Plane saya nontonnya di bioskop. Nggak tahu apakah sudah masuk OTT atau belum.
  12. reviewnya mas raja bikin aku jadi pengen nonton film lagi nih udah lama banget ya nonton film, drakor mulu sih, hoho.. yg asal film dari india menarik kayaknya nih. indonesia kapan ya bikin film action gini nih.
    1. Sip, selamat menonton.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.