Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

6 Film Indonesia Desember 2023 yang Nggak Boleh Dilewatkan

Film Indonesia Desember 2023 dihuni oleh film-film besar, desain produksi mewah, aktor keren, dan juga beragam genre.

Seperti biasa, Desember seringkali dimanfaatkan oleh para produser film Indonesia untuk mendulang penonton. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, mereka pun menghadirkan film unggulannya baik dari segi desain produksi maupun para pemainnya yang nggak kaleng-kaleng.

Setidaknya, ada 6 film Indonesia yang bakal tayang di Desember 2023 yang siap menguras emosi dan kantongmu. Cekidot!

1. Malam Para Jahanam (7 Desember 2023)

Di daftar pertama film Indonesia Desember 2023, ada film horor produksi Starvision. Setelah mencoba peruntungan dengan Kultus Iblis pada November yang berhasil mengumpulkan 300 ribu penonton, Starvision kembali menguji keberuntungan film horornya dengan Malam Para Jahanam.

Film yang disutradarai oleh Indra Gunawan ini bercerita tentang seorang Rendi (Harris Vriza) yang mengantar jenazah kakeknya ke sebuah desa. Ia yang ditemani Martin (Zoul Pandjoul) dan Siska (Amel Carla), terjebak teror dendam malam para jahanam.

Kamu tentunya penasaran, apa dan bagaimana teror malam para jahanam tersebut. Sebagai informasi, film ini membawa latar peristiwa sejarah tahun 1965 ke dalam filmnya. Apakah peristiwa tersebut yang menjadi dasar teror malam para jahanam? Temukan jawabannya di bioskop!

2. Rumah Masa Depan (7 Desember 2023)

Buat kamu yang hidup di era 1980-an tentu akrab sekali dengan serial televisi populer Rumah Masa Depan karya Ali Shahab.

Ya, kali ini cerita legendaris tersebut hadir kembali di layar lebar dengan konflik yang lebih modern di bawah arahan sutradara Danial Rifki.

Cerita umumnya masih tentang pasangan suami istri bernama Sukri dan Surti yang harus pulang ke kampung Cibeureum karena ayah Sukri meninggal. Sesampainya di sana, mereka menemukan fakta kalau ibu Sukri diduga terlibat kasus kriminal.

Hal tersebut membuat mereka harus semakin lama tinggal di kampung. Dan ini berakibat pada konflik ibunya Sukri dengan menantunya, Surti.

Adapun untuk sisi pemain, aktor Fedi Nuril dipercaya berperan menjadi Sukri. Sementara karakter Surti diserahkan pada Laura Basuki. Kapan lagi coba, seorang Laura Basuki menjadi Surti remaja anak bapak kades. Hehe.

3. Siksa Neraka (14 Desember 2023)

Membayangkan judulnya saja sudah ngeri banget ya. Dan konon katanya film ini akan menceritakan berbagai penyiksaan manusia sebagai balasan bagi mereka yang telah berbuat buruk di dunia. Tingkat penyiksaannya akan disesuaikan dengan kadar dosa masing-masing.

Sutradara Anggy Umbara dipercaya untuk menangani film produksi Dee Company ini. Konon katanya (lagi), Siksa Neraka menghabiskan biaya produksi hingga 5 Milyar dan aspek CGI yang paling banyak menyedot anggaran.

Hal ini diharapkan agar adegan-adegan penyiksaan terasa lebih real ketika ditonton di layar lebar dengan kualitas layar dan audio yang mumpuni.

Film yang diadaptasi dari komik laris berjudul sama karya MB Rahimsyah ini ditopang oleh sederet pemain muda seperti Rizky Fachrel, Kiesha Alvaro, Ratu Sofya, dan Nayla Purnama.

4. Hamka & Siti Raham vol. 2 (21 Desember 2023)

Jika nggak kuat menonton penyiksaan manusia di neraka, kamu boleh memilih tontonan yang adem nan inspiratif seperti Hamka & Siti Raham vol. 2. Film hasil kolaborasi Falcon Pictures dan Starvision ini merupakan lanjutan dari Buya Hamka vol.1 yang tayang pada April 2023 lalu.

Sesuai judulnya, film arahan Fajar Bustomi ini fokus pada kedua karakter utamanya. Siti Raham yang diperankan apik oleh Laudya C. Bella, terus mendampingi Buya Hamka yang berjuang menyatukan para ulama dan pihak militer Indonesia di Sumatera Utara.

Kesabaran dan kesetiaan Siti Raham semakin diuji ketika Buya Hamka dipenjara karena dituduh melawan pemerintah. Siti Raham tidak membiarkan rasa sedih mewarnai wajahnya. Seringkali ia sembunyikan air mata agar dapat terus mengobarkan semangat hidup Hamka.

Film yang dibintangi Vino G. Bastian sebagai Hamka ini, direncanakan dalam tiga volume. Untuk volume 3 kemungkinan akan tayang di tahun 2024. Sementara volume 1-nya sudah bisa disaksikan di salah satu platform OTT.

5. Layangan Putus the Movie (21 Desember 2023)

"Its my dream, Mas. Its my dream"

Siapa yang nggak terKinan-Kinan menyaksikan seorang istri yang diselingkuhi, hingga suaminya membelikan selingkuhannya sebuah penthouse seharga 5 M. It's a fucking penthouse.

Series Layangan Putus termasuk salah satu series yang populer dan banyak diperbincangkan karena berbicara tentang rumah tangga dan perselingkuhan. Kesuksesan inilah yang membawa MD Pictures tertarik untuk membuat versi layar lebarnya.

Ceritanya sendiri berlanjut dari seriesnya yakni setelah Aris dan Kinan bercerai. Peran Aris masih dipercayakan pada aktor Reza Rahadian, pun dengan karakter selingkuhannya Lydia Danira masih dibawakan oleh Anya Geraldine.

Sayangnya, peran Kinan yang diperankan apik Putri Marino yang berhasil membawa pulang piala Pemeran Utama Wanita Terpuji Serial Web FFB 2022, harus digantikan oleh Raihaanun.

Bagaimana menurut pendapatmu wahai tim Kinan?

6. 13 Bom di Jakarta (28 Desember 2023)

Setelah sukses membesut heist movie Mencuri Raden Saleh (2022) yang mendapat jutaan penonton dan juga berbagai penghargaan festival film, sutradara Angga Dwimas Sasongko menggarap proyek ambisius selanjutnya, 13 Bom di Jakarta.

Film ini bergenre laga spionase (mata-mata), sesuatu yang masih jarang juga digarap oleh sineas Indonesia. Ceritanya sendiri tentang sekumpulan teroris yang ingin menyerang dan mengebom Jakarta, ibukota Indonesia. 

Kabar tentang rencana 13 bom yang diakan diluncurkan di Jakarta ini diketahui oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Dan mereka langsung bertindak dengan membuat tim agen rahasia.

Film produksi Visinema Pictures ini didukung oleh banyak aktor yang sedang naik daun di perfilman Indonesia seperti Chicco Kurniawan, Lutesha, Putri Ayudya, Rukman Rosadi, Ganindra Bimo, Niken Anjani, Andri Mashadi, dan Rio Dewanto.


Melihat track record rumah produksi dan pembuatnya, desain produksi, cerita, dan juga para pemain, jujur saya tertarik untuk menonton semuanya. Walau kalau diurutkan dari yang paling bikin penasaran, saya paling tertarik dengan 13 Bom di Jakarta.

Kalau kamu, tertarik nonton yang mana saja? Yuk segera tandai kalender dan alokasikan budget nontonmu!

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

8 comments

  1. Wkwkw Bang. Gw langsung otomatis nyanyi pas bagian surti remaja anak bapak kades😂😂😂😂.

    Filmnya bagus2 ya tapi aku ga berani nonton film horor. Nah yg bikin penasaran film Layangan Putus karena gw udh baca bukunya. Btw drh Echa (yg asli) kan praktek di Malang tapi gw blm pernah ketrmu.
    1. Haha. "Surti" memang lagu jebakan umur.

      Oh Layangan Putus ada kisah nyatanya ya?
  2. Kenapa poster film horornya bikin aku mendadak bergidik ngeri, sih? Apalagi yang Siksa Neraka. Bikin keinget buku dengan judul serupa yang di jaman SD tuh suka banget dipakai buat nakut-nakutin huhuhu
    1. Berarti posternya cukup berhasil.

      Hayo jadwalkan buat nonton Siksa Neraka.
  3. Wah, baru ngeh dari tulisan ini, perfilman nasional sedang super produktif. Manalagi tontonannya juga variatif banget.
    Banyak genre tersedia.
    Btw, dua poster film 'horror'nya beneran tampak horor. Berasa sdh berhasil banget mengambarkan keseluruhan isi filmnya
    1. Alhamdulillah.
  4. Wah banyak juga ya film Indonesia yang tayang bulan Desember
    Layangan Putus ini pasti rame ya
    Kan sebelumnya seriesnya sukses besar ya mas
    Pasti filmnya juga ya
    1. Bisa iya bisa juga tidak. Soalnya basic penonton series di OTT berbeda dengan penonton bioskop.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.