Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Road To Festival Film Bandung 2013 (Part I) - Film Terpuji

Satu lagi, penghargaan bagi dunia perfilman Indonesia akan segera dimulai. Yupz, Festival Film Bandung 2013. Sebanyak 13 kategori untuk film nasional, 12 kategori untuk sinetron dan 8 genre asing akan diperebutkan dalam ajang bergengsi ini. Jika dilihat dari keseluruhan nominasi maka dapat disimpulkan film-film inilah yang akan bersaing. Siapa saja mereka?

1. Tanah Surga Katanya

2. Habibie & Ainun

3. Gending Sriwijaya

4. 9 Summers 10 Autumn

5. 5 CM

6. Madre

7. Rayya : Cahaya di Atas Cahaya

8. Sang Martir

9. Ambilkan Bulan

10. Test Pack : You’re My Baby

11. Cinta Tapi Beda

12. Perahu Kertas

13. Bidadari – Bidadari Surga

14. Soegija

15. Mursala

Hanya 15 (lima belas) film dari 94 judul film Indonesia yang mampu bersaing memperebutkan 13 nominasi film bioskop. Perlu saya akui, perkembangan film Indonesia sejak awal tahun 2012 hingga detik ini terus mengalami perkembangan pesat. Film-film yang dihasilkan pun cukup bervariasi. Meski memang tidak semua yang berkualitas itu masih menjanjikan popularitas.

Dalam part 1, ini saya akan ulas peluang untuk nominasi film Terpuji. Tahun 2012 lalu, Sang Penari, The Mirror Never Lies, Di Bawah Lindungan Ka’bah, Hafalan Shalat Delisha dan Pengejar Angin bersaing memperebutkan film terpuji FFB 2012. Sang Penari yang menang di Festival Film Indonesia 2011 sebagai film terbaik mengalahkan The Mirror Never Lies, namun di FFB tahun lalu The Mirror Never Lies berhasil mengalahkan Sang Penari untuk kategori Film Terpuji 2012. Bagaimana dengan tahun ini ?

5 Film teratas dari urutan 1-5 yang sudah saya sebutkan di atas yakni Tanah Surga Katanya, Habibie & Ainun, Gending Sriwijaya, 9 Summers 10 Autums dan 5 CM akan bersaing meraih predikat film Terpuji FFB 2013. Bagaimana peluang mereka???

Saya mulai dengan film 9 Summers 10 Autums. Film ini mungkin film terbaru yang rilis di bioskop dibanding 4 film pesaingnya. Film yang bercerita tentang tema keluarga yang diangkat dari novel laris dengan judul yang sama ini, digarap apik oleh Sutradara Ifa Isfansyah peraih Piala Citra kategori Sutradara Terbaik FFI 2011. Dibintangi oleh Ihsan Idol dan juga Agni Pratistha, film ini mampu menyajikan suatu hal baru. Peluang untuk menang di FFB 2013 sepertinya cukup besar dan film ini layak berada di nominasi film terpuji. Satu hal yang bisa diambil setelah nonton film Ini adalah Family is Important.

Lanjut ke film kedua yakni Gending Sriwijaya. Film yang digarap sutradara kenamaan hanung Bramantyo ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Di film ini juga, Hanung berhasil mengolah seorang “Julia Perez” menjadi aktris film berkualitas yang memang mengandalkan kemampuan akting bukan jual keseksian semata. Secara komersial film ini memang kalah gandrung oleh 9 Summers 10 Autums. Saya rasa ini film Hanung yang paling kurang terdengar gaungnya. Namun begitu, film yang menyajikan tema kolosal dan menurut saya bukan film sejarah murni, berhasil dalam hal sinematografi dan kemampun akting para tokohnya seperti Agus Kuncoro Adi dan Sahrul Gunawan. Apakah Gending Sriwijaya layak menjadi film Terpuji FFB 2013?

Kita simak ulasan film ketiga Habibie & Ainun. Film yang diangkat pula dari novel best sellers berdasarkan biografi dan kisah nyata Mantan Presiden RI BJ Habibie dan almarhumah istrinya ini, berhasil menjadi film yang paling sukses meraup jumlah penonton di tahun 2012. Kemunculan film ini di penghujung tahun, bahkan membuat Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tak mau ketinggalan menyaksikan film ini. Menurut saya, karena film ini melirik seluruh segmentasi pasar, baik dari usia muda atau tua, kalangan pelajar maupun pemerintahan, ataupun dari profesi apapun. Akting apik yang disuguhkan Reza Rahadian & Bunga Citra Lestari membuat detik demi detik penyajian film ini begitu bermakna. Diiringi soundtrack “Cinta Sejati” yang dinyanyikan langsung oleh pemeran utama wanita dan diciptakan oleh composer ternama negeri ini, Melly Goeslaw membuat para penonton ikut hanyut dan larut dalam kisah. Akankah Habibie & Ainun yang akan menjadi pemenang?

Lanjut ke film keempat. Sebelum Habibie & Ainun booming, seminggu sebelumnya sudah hadir film 5 CM, yang juga sukses di pasaran. Kembali diangkat dari sebuah novel film ini mampu menghipnotis penonton khususnya segmen remaja dan dewasa usia 25-30 tahun. Dibintangi oleh Fedi Nuril sang “Fachri” dalam film fenomenal Ayat-ayat Cinta, dibantu oleh Denny Sumargo pebasket nasional, Igor Saykoji, Pevita Pearce, Ralina Shah dan Herjunot Ali film ini memang mampu menyajikan sesuatu yang apik. Menghadirkan keindahan alam Mahameru yang disajikan dengan begitu sempurna. Film ini sempat saya buat ulasannya, untuk lebih lanjut silakan KLIK DISINI. Bagaimana apakah anda memilih 5 CM sebagai film terpuji?

Ini dia film terakhir. Tanah Surga Katanya. Jujur saya nonton film ini karena penasaran. Kenapa film ini berhasil meraih film terbaik Festival Film Indonesia 2012 mengalahkan film Demi Ucok, Lovely Man, Rumah di Seribu Ombak dan Soegija. Memang sich nominasi di FFI kebanyakan film-film yang gaungnya kurang terdengar di pasaran, dan hal ini pun sudah terjadi berkali-kali seperti di tahun 2008 yang nominasinya hampir seluruhnya adalah film Fiksi, 3 Doa 3 Cinta, Claudia/Jasmine, May dan Under the Tree. Nggak pada tahu kan? heheheh. Back to topic Tanah Surga Katanya, mohon maaf ya, kalau untuk film ini saya nontonnya di Youtube tidak di bioskop karena kalau nggak menang FFI mungkin saya nggak akan nonton. Tapi sungguh film nasionalisme ini menyajikan tata skenario yang asli dan baik, akting dua bocah yang natural dan lokasi memang di perbatasan Kalimantan. Sungguh indah menguras emosi dan mencampur adukkan semua rasa.

Huft,capek juga ya..Ok setelah di review lima film tadi, dan saya setuju dari lima belas film yang masuk seluruh nominasi lima film diatas yang paling pantas meraih nominasi Film Terpuji FFB 2013. Namun tentunya saya harus memilih satu, pertimbangan saya tentunya Akting Para Pemain, Kolaborasi Para Pemain, Popularitas Film, Aspek Penunjang Produksi (seperti tata naskah, tata musik, tata kamera dlsb), tapi yang terpenting adalah isi cerita dan esensi makna yang ingin disampaikan. Kelimanya sungguh bagus, namun karena tetap harus memilih maka saya memilih HABIBIE & AINUN. Bagaimana dengan anda ???

[polldaddy poll=7112229]

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.