Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Didominasi Sekuel, 5 Film Indonesia Ini Siap Bertarung di Lebaran 2019

Sudah beberapa tahun terakhir ini, lebaran dijadikan ‘summer’ untuk film Indonesia. Bukan tanpa alasan para produser berani berebut layar di momen emas ini. Fakta membuktikan sebagian besar film yang tayang di lebaran mampu mengumpulkan ratusan ribu hingga jutaan penonton.

Tahun 2017 misalnya. Empat film Indonesia yang tayang di lebaran, semuanya berhasil masuk Top 15 Film Indonesia Terlaris 2017. Dan film Jailangkung yang memperoleh 2.5 juta penonton keluar sebagai jawaranya.

Tahun berikutnya yakni 2018, total film Indonesia yang tayang sebanyak lima film. Dan posisi jawaranya masih dipegang oleh Jailangkung 2 (sekuel Jailangkung) meski perolehan penontonnya menurun signifikan yakni hanya 1.5 juta penonton.

Tapi yang nggak banyak berubah dari film-film yang tayang di lebaran adalah sebagian besarnya dihuni oleh rumah produksi raksasa.

Lalu bagaimana dengan tahun ini?

Sejauh ini sudah ada lima film Indonesia yang terkonfirmasi akan tayang di lebaran 2019. Dan nampaknya nggak akan nambah lagi karena sejauh ini film Indonesia yang tayang di lebaran belum pernah mencapai lebih dari lima film.

film lebaran 2019
Starvision, Screenplay Films, MVP Pictures, Falcon Pictures, Soraya Intercine Films

1. Ghost Writer (Starvision)

Rekam jejak rumah produksi Starvision cukup bagus di momen lebaran. Pada 2016, Starvision berhasil mengumpulkan 1.8 juta penonton lewat Koala Kumal kemudian disusul oleh Sweet 20 pada 2017 yang berhasil menggaet 1 juta penonton. Tahun lalu Starvision nggak ikut serta dan lebih memilih memundurkan film andalannya, Kafir: Bersekutu dengan Setan, ke Agustus 2018.

Tahun ini rumah produksi yang digawangi oleh Chand Parwez Servia ini mengandalkan film Ghost Writer yang bergenre komedi horor. Menilik dua film sebelumnya, nampaknya Starvision konsisten dengan genre komedi hanya saja variasinya saja yang berbeda.

Film Ghost Writer yang juga diproduseri oleh komedian Ernest Prakasa ini akan mendapuk bintang – bintang ternama seperti Tatjana Saphira, Deva Mahenra, Ge Pamungkas, Asmara Abigail hingga Slamet Rahardjo. Dan film ini akan menjadi debut perdana Bene Dion Rajagukguk sebagai sutradara setelah sebelumnya lebih banyak berkecimpung sebagai penulis skenario.

2. Hit & Run (Screenplay Films & Legacy Pictures)

Sebagai rumah produksi yang memegang tahta jawara film lebaran 2017 dan 2018, tentu Screenplay Films nggak mau absen dari pertarungan tahun ini. Untungnya Screenplay yang jawara lewat dua film Jailangkung ini nggak membuat Jailangkung 3 untuk dipasang di lebaran kali ini.

Bekerjasama dengan Legacy Pictures dan Bukalapak, Screenplay pindah haluan dari horor ke laga komedi. Adalah sutradara Ody C. Harahap yang dipercaya menangani film lebarannya kali ini. Mungkin kesuksesan Orang Kaya Baru di awal tahun 2019 yang membuat Screenplay kembali menyerahkan tongkat penyutradaraan filmnya pada Ody.

Selain sutradara jaminan mutu, film yang mengambil judul Hit & Run ini digawangi oleh aktor laga Joe Taslim dan Yayan Ruhian yang dikombinasikan dengan aktor muda berbakat Jefri Nichol. Menariknya penampil perempuan dalam film ini akan diperkuat oleh Tatjana Saphira (2 point untuk Hulya).

3. Kuntilanak 2 (MVP Pictures)

Film Kuntilanak yang tayang pada lebaran tahun lalu, nggak disangka-sangka bisa menembus angka 1.2 juta penonton. Berbekal angka tersebutlah, nampaknya MVP Pictures cukup percaya diri untuk melanjutkan ceritanya dan ditayangkan di lebaran pula.

Secara keaktoran, Kuntilanak 2 nggak banyak mengalami perubahan. Film arahan Rizal Mantovani ini masih mengandalkan pemain anak-anak yang sama di seri sebelumnya. Sementara di jajaran aktor dewasa, film yang naskahnya ditulis oleh Alim Sudio ini akan diperkuat oleh Maxime Bouttier, Susan Sameh, dan Karina Suwandi.

4. Si Doel the Movie 2 (Falcon Pictures)

Nggak banyak yang meragukan bagaimana Falcon mampu menarik jutaan penonton lewat film-filmnya yang mengandung partpart itu. Dan di momen lebaran, Falcon termasuk rumah produksi yang aktif juga. Beberapa film lebarannya seperti Comic 8 Casino Kings part 1 (2015), Sabtu Bersama Bapak (2016 – bersama Max Pictures), dan Surat Kecil Untuk Tuhan (2017) berhasil tembus ratusan ribu hingga jutaan penonton.

Sama seperti Starvision yang absen pada 2018, Falcon pun kembali hadir di tahun ini. Tapi Falcon nggak membawa materi baru melainkan lebih memilih melanjutkan kisah cinta segitiga Doel, Sarah, dan Zaenab yang tahun lalu berhasil membuat baper 1.7 juta penonton.

Dan tentu karena para karakter di film Si Doel ini seakan sudah melegenda, maka di Si Doel the Movie 2 ini kita masih akan menjumpai permainan dari Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Mandra, Cornelia Agatha, Suty Karno hingga Aminah Tjendrakasih.

5. Single Part 2 (Soraya Intercine Films)

Rasa-rasanya bakal sepakat kalau satu kelebihan film-film Soraya adalah kemewahan visualnya. Tapi semenjak masuk Raditya Dika lewat film Single (2015) kemewahan Soraya menjadi kurang prestise. Ah, tapi lupakan mungkin itu hanya perasaan saya saja. Atau bisa saja saya masih terpukau oleh film-film Soraya sebelum Single seperti 5 CM, Supernova, dan Tenggelamnya Kapal van Der Wijck.

Lalu apakah kemewahan Soraya masih akan terasa spesial di film terbarunya Single part 2 yang merupakan lanjutan dari Single ini? Ya kita lihat saja nanti bagaimana Raditya Dika kembali beraksi di sini.

 

Dari kelima film Indonesia di atas yang tiga diantaranya merupakan sekuel, mana yang bakal kamu tonton? Untuk mempermudah kamu memilih sila lihat trailer resmi yang sudah disediakan. Untuk sinopsis bisa googling sendiri ya.

Satu lagi, kelima film ini akan tayang di bioskop mulai 4 Juni 2019. Don’t miss it!

 

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.