Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

5 Film Thriller India Ini Bakal Bikin Kamu Tegang

film thriller India yang bisa kamu jadikan alternatif tontonan. Nggak sepenuhnya thriller ada unsur misteri, drama, dan kriminalnya juga


Film thriller India yang Bakal Bikin Kamu Tegang
Sepanjang Durasi

Apa sih yang pertama kali terlintas di benak kamu tentang film India? Apakah kebiasaannya menyanyi dan menari di tengah hujan, atau polisi yang selalu datang belakangan setelah penjahatnya kalah?

Ya mungkin adegan tersebut sudah menjadi ciri khas di kebanyakan film drama/laga India. Tapi tahukah kamu, India juga punya film yang nyaris tidak ada lagu atau pun polisi yang terlambat?

Kalau belum tahu, ada baiknya kamu simak rekomendasi film India berikut ini. Sssttt…. tapi saya rekomendasikan yang bergenre thriller ya, supaya kamu lebih kenal lagi kalau film India tuh bukan cuma Kuch-Kuch Hota Hai.

1. Andhadhun (2018)

Apakah Akash benar-benar buta?

Film thriller India pertama adalah Andhadhun arahan sutradara Sriram Raghavan. Film ini bercerita tentang Akash, seorang pianis muda yang buta. Ia hampir putus asa dengan hidupnya dan mencoba menulis lagu sendiri untuk membuat hidupnya kembali berwarna.

Tak disangka lagu barunya ini membawa ia pada pertemuan dengan pemilik bar ternama. Kemudian pemilik bar tersebut mengontak Akash untuk bermain di barnya karena terkesan dengan bakat pianonya yang luar biasa.

Dari bar tersebut, takdir membawa Akash pada Simi, istri muda seorang pengusaha kaya. Suatu hari Akash melatih Simi bermain piano atas permintaan suami Simi. Namun ada kejadian tak terduga. Simi terlibat pembunuhan ketika Akash berkunjung ke apartemennya.

Simi tahu Akash buta, tapi ia sendiri takut jika Akash ternyata pura-pura buta dan menyaksikan semua pembunuhannya.

Perlahan tapi pasti Andhadhun akan mengajak kamu pada petualangan seru antara Simi dan Akash. Kamu akan sulit bernafas mengikuti tingkah laku mereka sembari melihat bagaimana usaha Simi menutupi perbuatannya.

Satu lagi, film thriller India yang mendapat penghargaan Film Impor Terpuji Festival Film Bandung ini sebetulnya nggak terlalu bersimbah darah, malah banyak sisipan komedinya.

2. The Body (2019)

Istrinya sering merendahkan Ajay, membuat Jairaj Rawal yakin kalau Ajay adalah pelakunya

Mayat seorang perempuan pebisnis kaya raya hilang dari laboratorium forensik beberapa jam setelah ia meninggal. Itulah premis utama dari film thriller India yang menghuni daftar nomor dua ini.

Kasus hilangnya mayat tersebut ditangani oleh polisi SP Jairaj Rawal. Hasil penyelidikannya mendekatkan pada asumsi kalau perempuan tersebut dibunuh. Dan hilangnya mayat tersebut diduga untuk menghalangi proses otopsi.

Jairaj Rawal pun menuduh Ajay Puri (suami perempuan tersebut) sebagai pelaku pembunuhan tanpa bukti. Hal ini membuat beberapa orang di sekitar Jairaj Rawal (termasuk anak buahnya) mengira Jairaj Rawal terlalu emosional menangani kasus ini akibat peristiwa kecelakaan yang menimpa istrinya sepuluh tahun lalu.

Film thriller India yang dibintangi Emraan Hashmi sebagai Ajay Puri ini berlatar satu malam saja. Lewat film ini kamu akan terpana pada permainan pikiran yang diperankan oleh para aktor utamanya. Untuk itu, kamu cukup mengikutinya perlahan hingga kebenaran sesungguhnya terungkap. Kamu tidak perlu menebak-nebak.

Dan untuk mendapat kesenangan menonton film ini, kamu dilarang keras mencari ulasannya terlebih dahulu karena sejatinya film ini akan lebih nikmat ditonton saat kamu tak tahu apa-apa tentang karakternya.

Info lagi buat kamu, film ini merupakan adaptasi dari film Spanyol berjudul El Cuerpo yang rilis pada tahun 2012.

3. Guilty (2020)

katanya the real men is feminist

Jika dua film thriller India sebelumnya berkisar tentang kasus pembunuhan, film thriller India ini seputar pemerkosaan. Seorang wanita tiba-tiba membuat pengakuan di media sosial kalau ia telah diperkosa oleh Vijay Singh (alias VJ), cowok paling populer di kampus.

Tentunya sebagian orang termasuk Nanki Dutta pacar VJ tidak percaya atas pengakuan tersebut. Pasalnya memang wanita tersebut yang sering menggoda VJ lebih dulu dan mengajaknya tidur bersama, padahal VJ sudah menolaknya berulang kali.

Kasus ini bergulir hingga pengadilan, dan VJ menang atas kasus pencemaran nama baik. Sementara si wanita penuduh itu sama sekali tidak menuntut ke pengadilan malah lebih memilih minta teman-teman kampusnya untuk bantu retweet dan like pengakuannya di media sosial.

Bingung ‘kan? Jadi apakah pemerkosaan itu nyata terjadi atau memang hanya sebatas ilusi?

4. Raat Akeli Hai (2020)

Sebagian dari tersangka, apakah di antara mereka pembunuhnya?

Seorang tuan kaya raya meninggal di rumahnya sendiri dan tak ada yang tahu siapa pembunuhnya. Seorang detektif menjadikan seluruh penghuni rumah tersebut sebagai tersangka. Dan tidak boleh ada satu orang pun yang pergi dari rumah tersebut.

Kalau kamu baca premis di atas lantas teringat film Knives Out (2019), ya mari kita tos bareng.

Film thriller India ini memang mengingatkan saya pada Knives Out. Mulai dari premisnya, latarnya, hingga bentuk filmnya (whodunit) yang hanya bertujuan menemukan siapa yang membunuh tuan kaya raya tersebut.

Saya sendiri tidak tahu apakah ini remake resmi atau sekadar terinspirasi. Karena beberapa kali saya sering menemukan film India yang mirip dengan film populer dari negara lain.

Tapi ya biar kamu bisa membandingkan lebih seru mana dengan Knives Out, bolehlah film thriller India ini kamu tonton.

Dan yang menghuni daftar film thriller India terakhir adalah …

5. Class of ’83 (2020)

satu dari mereka tetap setia pada hukum yang bersih

Masih seputar dunia perpolisian, film thriller India terakhir ini bercerita tentang Vijay Singh, seorang polisi yang berusaha membongkar kejahatan para gangster yang meresahkan. Namun usahanya mendapati kendala karena kejahatan tersebut mendapat perlindungan dari atasannya.

Untuk menyembunyikan keterlibatannya, atasan polisi tersebut memberikan penugasan hukuman pada Vijay. Atasan Vijay tahu betul karakteristik Vijay sebagai pelaksana lapangan yang handal. Maka ia memberi hukuman pada Vijay berupa penunjukan menjadi dekan di salah satu sekolah kepolisian.

Awalnya Vijay merasa frustasi, tapi semangatnya kembali membara kala ia melihat lima taruna yang potensial untuk membantu membongkar kasusnya. Ia pun melatih kelima taruna itu dengan caranya sendiri.

Setelah lulus, alih-alih membantu gurunya taruna tersebut justru terjebak pada lingkaran kejahatan tersebut dan memilih berkolaborasi dengan para gangster.

Mampukah sang polisi tersebut menghadapi sistem yang korup dan anak didiknya yang terjebak di dalamnya?

Itulah lima film thriller India yang bisa kamu jadikan alternatif tontonan. Nggak sepenuhnya thriller ada unsur misteri, drama, dan kriminalnya juga.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

14 comments

  1. Aduh the Body serem amat. Saya kayaknya gak pernah nonton thriller India kecuali yg film Rani Mukherjii dulu, tapi lupa judulnya apa, itu lebih ke psychology drama bukan sih? Buat saya India tetap romantis. Saya penggemar berat Aamir Khan sejak dia membintangi Maan. Hahahaha
    1. Apakah yang dimaksud film Mardaani, atau Talaash?
  2. Seru juga kalau baca sinopsisnya. Aku agak jarang nonton India karena identik romance dan dance khasnya ya
    1. Ya, silakan dicoba film India yang minim tarian ya.
  3. Setelah sekian lama, akhirnya kemarin pas naik pesawat aku nonton film india lg. Agak thriller juga kayaknya. Sekarang nggak ada atau jarang ada adegan nyanyi2 dan joget2 ya film india apa ya. Tapi rekomendasi dari mas lubis nih boleh juga diintip lagi besok.




    1. Film apakah gerangan yang ditonton?
  4. di antara ke-lima filmnya, baru Aandhadun yang saya tonton, yang lain belum sempat nonton. Penasaran banget sama The Body. Saya udah lama nih gak nonton film india
    1. Ya selamat menonton India kembali.
  5. Wahhh bisa jadi list tontonan di akhir pekan nih film-filmnya, apalagi lagi kekurangan bahan mau nonton film apa aja.
    1. Selamat menonton.
  6. Yang aku kagumi dari sineas India tuh...mereka bisa menyentuh bagian "emosional" dari penontonnya. Jadi meski banyak protes mengenai alur atau ide ceritan yang rada ngehe, tetep suka menontonnya.

    Pasti ada sisi mengharukan.
    1. Kalau aku malah kebalikan, mostly film India yang saya tonton malah alur dan ceritanya bagus.
  7. dari daftar di atas saya baru nonton andhadun. penasaran nih sama film guilty dan raat akeli hai
    1. Seperti rindu, penasaran juga harus dituntaskan.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meniggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan kata-kata kasar.