Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Pengertian Spin Off dan Contohnya Dalam Film Indonesia

Sebuah film dikatakan spin off jika film tersebut menceritakan karakter yang diambil dari film lain

Spin off, istilah yang mungkin jarang kamu dengar tapi tanpa sadar kamu pernah menonton film jenis ini.

Kamu tentu pernah menonton film Annabelle bukan? Ia adalah sosok hantu yang meneror manusia dengan menggunakan media boneka. Tapi apakah kamu tahu di film apa pertama kali sosok Annabelle ini muncul?

Ya, kamu benar! Annabelle pertama kali muncul dalam film The Conjuring.

Pengertian singkat spin off

Annabelle bisa dikatakan merupakan spin off dari The Conjuring. Sebuah film dikatakan spin off jika film tersebut menceritakan karakter yang diambil dari film lain. Lalu karakter tersebut dibuatkan kisah tersendiri dengan porsi penceritaan yang fokus pada dirinya.

Selain Annabelle, contoh lain yang populer adalah Minions yang diambil dari film Despicable Me.

Lalu apakah film spin off juga populer di film Indonesia?

Beberapa contoh spin off film Indonesia

Mungkin spin off memang belum sepopuler remake, reboot, atau sekuel. Tapi bukan berarti film Indonesia nggak punya jenis seperti ini.

Berikut beberapa contoh film Indonesia yang merupakan spin off dan film induknya.

1. Asih (2018)

Abdi teh ayeuna gaduh hiji boneka/MD Pictures

Asih adalah sosok hantu yang suka memangsa anak kecil. Karakter ini pertama kali diperkenalkan dalam Danur (2017) yang diperankan oleh Shareefa Danish.

Yang menarik sosok Asih ini berlanjut pada perilisan sekuelnya, Asih 2, yang tayang di bioskop akhir tahun 2020 lalu.

Dan info terbaru, Ivana, sosok hantu lain dari Danur Universe juga sedang dalam proses produksi.

2. Milly & Mamet (2018)

Apa yang kamu lakukan ke saya itu, JAHIT/Starvision,Miles Film

Siapa yang tidak kenal dengan karakter Milly dalam film remaja legendaris Ada Apa Dengan Cinta?? Karakternya yang cenderung lemot alias telmi (bahasa remaja 2000-an) menjadi ikon tersendiri di geng Cinta.

Karena keunikan karakternya inilah, Miles Film yang bekerja sama dengan Starvision membuat film khusus tentang dirinya. Ceritanya berkembang dari Milly yang remaja lemot menjadi seorang ibu dan istri dari Mamet.

3. Story of Kale: When Someone’s in Love (2020)

Bahkan penampilan Ardhito di film ini berhasil memikat juri Festival Film Tempo lho/Visinema Pictures

Film Indonesia 2020 sebetulnya dibuka dengan cukup menjanjikan. Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) ini sukses meraih jutaan penonton. NKCTHI ramai diperbincangkan di media sosial, meski penerimaan para reviewer terhadap film ini cukup beragam.

Kesuksesan NKCTHI membuat Visinema Pictures tak butuh waktu lama untuk membuat spin off salah satu karakternya. Ia adalah Kale (Ardhito Pramono), karakter yang menarik penonton karena dikenal dengan tingkah ghosting-nya. Atau lebih tepatnya pemberi harapan palsu pada Awan (Rachel Amanda).

4. Arini by Love Inc (2022)

Kok jadi lompat ke sci-fi?/Visinema Pictures

Walau tidak sukses secara komersial, Love for Sale (2018) karya Andibachtiar Yusuf, berhasil menjadi perbincangan para pengamat film. Pasalnya film ini cukup berani menampilkan kehidupan sosok perjaka berusia 40 tahun yang belum menikah. Karakter perjaka tersebut diperankan oleh Gading Marten sekaligus mengantarkannya meraih piala citra Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2018.

Yang nggak kalah menarik adalah karakter Arini yang disewa oleh perjaka tersebut untuk memenuhi kebutuhan seksualnya. Di film lanjutannya Love for Sale 2, Arini masih difungsikan sebatas 'pelayan', hanya saja kliennya yang berbeda.

Barulah di film Arini by Love Inc, latar belakang Arini dijelaskan seutuhnya. Jadi siapa sesungguhnya Arini?

5. 12 Cerita Glen Anggara (Coming Soon)

Menurut kamu apa yang menarik dari karakter Glen Anggara?/Starvision,Falcon Pictures

Jika diminta menyebutkan satu film yang paling dahsyat terkena pandemi, maka saya akan jawab Mariposa (2020). Bayangkan saja, film yang menduetkan Angga Yunanda dan Adhisty Zara ini sedang digilai oleh para penonton.

Sayangnya film yang tayang pada awal Maret ini harus terhenti karena bioskop tutup di awal-awal pandemi. Menurut catatan terakhir, Mariposa berhasil mengumpulkan lebih dari 500 ribu penonton hanya dalam beberapa hari penayangannya.

Meski terhenti pandemi tidak membuat Starvision menyerah begitu saja pada Mariposa. Setelah filmnya kini bisa disaksikan di layanan streaming legal, Mariposa membuat film khusus untuk karakter Glen Anggara yang diperankan Junior Roberts.

Lalu kenapa film spin off bisa dibuat?

Dari beberapa literatur yang saya baca, sebagian besar produser membuat spin off karena karakter tersebut menarik dan mendapat perhatian khusus dari penonton. Selain itu, film utamanya juga laris di pasaran. Dan berharap akan mengulang sukses yang sama di film spin off-nya.

Tapi jika berkaca pada beberapa contoh di atas, nampaknya alasan kedua paling cocok kenapa produser film Indonesia membuat film seperti ini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu pengertian spin off dalam film. Jika kamu punya karakter favorit yang ingin dibuatkan spin off-nya sila tambah di kolom komentar ya. Siapa tahu ada produser yang tertarik membuatkannya.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

18 comments

  1. Ternyata yang kayak gitu namanya spin off ya. Kayak menjadikan scene stealer jadi tokoh utamanya di filmnya sendiri gitu ya. Menarik karena film yang baru udah ada backingan dari film sebelumnya biarpun mungkin ceritanya bakal beda jauh ya..
    1. Ya ceritanya eksplorasi si karakter yang dijadikan spin off, kemungkinan bakal berbeda dengan film induknya.
  2. Pas baca pengertian spinn of di awal, yang muncul di pikiran saya adalah Milly dan Mamet, ehh ternyata memang ada di tulis di bawah
    1. Yess..
  3. menarik juga spin off spin off ini, apalagi kalau ada karakter yang jalan ceritanya kurang tereksplor di film utama, mungkin karena kepentingan cerita atau durasi, Saya pengen nonton spin off Pengabdi Setan, membahas karakter lain disana seru kayaknya
    1. Wah seru juga, eh tapi sekarang sudah ada tuh sekuel-nya Pengabdi Setan 2
  4. Saya suka kalau ada spin off film karna lebih mengulik cerita dari karakter tokoh yang lain. Kalau saya pengen nonton spin off Peter cs di Danur Universe kan udah ada versi cetaknya jadi seru kali yaa kalau di buat film.
    1. Bisa langsung 5 film tuh ya kalau bikin spin off dari karakter Peter dan kawan-kawannya.
  5. Iya sih. Aku setuju kalau spin off dibuat karena film utamanya sukses besar. Tapi nggak bisa ditampik juga lho. Bahwa karakter pendamping yang menarik perhatian penontonlah yang seringnya dibuatkan spin offnya. Benar nggak?

    Mungkin kasarannya team produksi film ingin memuaskan rasa penasaran penonton akan cerita tokoh pendamping yang jadi favorit mereka kali ya. Hehehe...
    1. Bisa jadi sih, walau ada juga karakter pendukung yang nggak menarik, seperti Glen Anggara di Mariposa ini menurut saya nggak memorable.
  6. Kaget liat gambar Film "Asih".
    Agak geli jijik gimanaaa gitu.

    Seru sih, kalo nonton film spin off.
    Merasa lebih mendalami dan mencintai karakter tersebut.
    1. Haha, maafkan. Itu hanya efek make-up saja kok, kan dia ceritanya hantu yang menyeramkan.
  7. saya nonton mariposa itu kok berasa lebay banget ya tokoh zara-nya? akhirnya nggak lanjut nonton deh filmnya. hehe
    1. Emang banyak yang nggak suka juga sih katanya terlalu agresif. Kalau aku sih menilainya memang kebutuhan perannya seperti itu. Dan Zara terbilang pas dengan karakternya yang inisiatif dan agresif.
  8. Wah, aku baru tahu tentang istilah spin off ini mas
    Padahal juga sudah sering nonton film
    Dari beberapa film yang ditulis disini, bahkan beberapa aku tonton sih
    Yang paling favorit sih filmnya Milly dan Mamet
    1. Semoga nambah informasinya ya.
  9. Jadi film spin of itu memang sengaja dibuat dengan harapan bisa mendapatkan perhatian lebih seperti film utamanya ya mas. Aku sempat kepikiran film nanti kita cerita tentang hari ini spin of-nya adalah story of kale, ternyata ada di tulisan ini, hehe terima kasih udah berbagi tulisan ini mas
    1. Pecinta Kale nih ya? Xixix

      Sip, sama-sama.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meniggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan kata-kata kasar.