Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Review Tertawan Hati Episode 1-10

Tertawan Hati sinetron terbaru SCTV yang memasangkan aktor Naysilla Mirdad & Jonas Rivanno. Cerita tentang si kembar yang tukar peran
Jonas Rivanno & Naysilla Mirdad/doc. SCTV

Di tengah gempuran serial web yang ditonton menggunakan internet, kehadiran serial di televisi atau yang lebih dikenal dengan sinetron masih menjadi primadona tontonan. Walau di zaman now, menonton sinetron juga bisa melalui aplikasi streaming, nggak harus nongkrong depan televisi.

Satu sinetron terbaru yang sedang digandrungi penonton adalah Tertawan Hati yang memulai episode perdananya sejak 22 Januari 2024. Sejak episode satu hingga saat ini, saya nggak pernah ketinggalan nonton. Ya, sekadar penasaran seperti apa sih sinetron yang memasang bintang utama Naysilla Mirdad ini.

Cerita singkat Tertawan Hati

Sinetron karya sutradara Sanjeev Ram Kishan ini berpusat pada karakter Alya Samsuri (Naysilla Mirdad), seorang gadis lugu nan polos yang bekerja sebagai joki kuda di kaki gunung Bromo. Bersama kedua orang tuanya, Alya hidup dalam keadaan yang sangat sederhana.

Suatu hari, ia bertemu dengan seorang turis perempuan yang liburan ke daerahnya. Namanya Alyssa Putri Sanjaya. Seorang istri dari pengusaha kaya bernama Mario (Jonas Rivanno).

Pertemuan Alya dan Alyssa membawa kisah tersendiri. Pasalnya mereka berdua memiliki kemiripan fisik yang begitu identik. Kalau kita pernah mendengar mitos doppelganger yang mengatakan bahwa manusia memiliki 7 kembaran, ya mungkin mereka inilah yang dimaksud dari mitos tersebut.

Keadaan ini dimanfaatkan oleh Alyysa untuk memperdaya Alya. Dengan penuh kebohongan dan manipulatif, Alyssa meminta Alya menggantikan posisinya sebagai nyonya Mario. Dengan kesepakatan tertentu, Alya bersedia menerima tawaran Alyssa dan mulai berperan menjadi Alyssa.

Kini Alya menjadi Alyssa, sementara Alyssa meneruskan kebiasaan buruknya yakni bersenang-senang dengan lelaki lain yang bukan suaminya.

Dan ini penilaian saya...

Saya sudah menonton Tertawan Hati dari episode 1 hingga 10. Tentunya sudah banyak konflik yang berkembang di antara para karakter utamanya. Terutama menyoroti bagaimana perilaku Alya di tengah-tengah keluarga Mario yang menimbulkan kecurigaan.

Satu alasan utama kenapa saya mengikuti sinetron ini adalah akting Naysilla Mirdad yang memang jam terbangnya sudah tinggi di dunia sinetron Indonesia. Sebagai protagonis utama yang lugu, polos, mewek-mewek, pokoknya yang serba tersiksa, Naysilla adalah salah satu yang terbaik.

Apalagi ia juga memerankan karakter Alyssa yang punya sifat berkebalikan dengan Alya. Nggak gampang untuk satu aktor memerankan dua karakter sekaligus. Walau ini juga jadi tantangan bagi seorang aktor, sejauh mana ia bisa totalitas dengan peran yang dipercayakan kepadanya.

Sebagai Alyssa, saya melihat Naysilla Mirdad memang tidak cukup liar. Dari intonasi, gaya bicara, dan ekspresi muka, sesekali masih terlihat sebagai Alya. Hingga akhirnya peran Alyssa digantikan oleh aktor Afifah Ifah'nda.

Penggantian peran ini dilakukan lewat cerita Alyssa yang mengalami kecelakaan hingga harus operasi wajah. Selain itu, ia juga mengalami perubahan suara. Dengan pergantian wajah dan suara ini, Alyssa dan Alya kini bagai dua orang yang tidak lagi identik.

Dari pembahasan soal akting karakter utama, mari kita pindah ke kesalahan-kesalahan minor yang dilakukan Tertawan Hati.

Di episode 7, ada adegan Mario membawa Alyysa (yang tentunya ini Alya) ke kantornya. Sebab ia ingin memperkenalkan istrinya kepada karyawan karena telah membantu mencarikan solusi bagaimana cara membayar gaji karyawan yang tertunggak.

Yang menarik adalah respons karyawan yang bilang, "Makasih Bu Alya". Dan itu terjadi dua kali. Lha kok bisa karyawannya tahu kalau sosok itu adalah Alya bukan Alyssa. Apakah karyawan itu memang kenal dengan Alya?

Teori 1. Jika karyawan itu memang kenal dengan Alya, seharusnya ada counter narasi di dalam pikiran Mario yang kurang lebih mempertanyakan kenapa karyawannya memanggil istrinya dengan sebutan Alya. Ternyata tidak ada. Mario menerima ucapan karyawan itu dengan tenang-tenang saja, dan nggak pernah jadi persoalan di scene selanjutnya.

Teori 2. Ini murni kekhilafan sang sutradara di lokasi syuting yang harusnya bisa diminimalisir saat proses editing. Katakanlah adegan ini sudah jadi master yang masuk ke proses editing. Editor bisa saja memotong adegan tersebut, karena karyawan yang mengucapkan terima kasih pun bukan merupakan karakter kunci di Tertawan Hati.

Lebih lucunya lagi, kejadian penyebutan Alyssa dengan Alya terjadi juga di scene lain. Murni sih ini editornya ngantuk, maklum kejar tayang.

Kalau dari sisi teknis, kesalahan ini bisa dianggap sebagai hal yang minor saja. Tapi jelas, kesalahan ini sangat mengganggu logika cerita dan penceritaan.

Satu hal lain yang membuat saya mulai bosan nonton Tertawan Hati adalah soal Mario yang pengin 'wik-wik' dengan Alyssa, yang diulang-ulang dan gitu saja terus formulanya.

Dari sudut pandang Mario, tentu keinginan Mario untuk memberikan nafkah batin bagi Alyssa adalah hal yang benar. Mengingat bahwa Mario adalah suami sah dari Alyssa. Tapi penolakan Alyysa pun sangat berdasar, karena sejatinya ia bukanlah Alyssa sang istri sah melainkan Alya perempuan yang sama sekali bukan istrinya.

Dalam satu episode soal ini bisa dibahas berkali-kali. Formulanya Mario ngajak, Alya menolak. Ngajak lagi ditolak lagi. Maaf saya agak kesel lihatnya. Cukuplah sekali dua kali saja, apa nggak bosan monolog Mario dalam hatinya selalu begini, "Saya lihat Alyssa sudah berubah, tapi kenapa saya merasa masih ada yang disembunyikan".


Apakah di antara kamu juga ada yang sedang ngikutin Tertawan Hati? Yuk, share pendapat kamu di komentar!

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

48 comments

  1. Repetisi dalam plot mengenai keinginan Mario untuk 'wik-wik' dengan Alyssa dalam serial Tertawan Hati bisa menjadi menjemukan bagi sebagian penonton. Meskipun dari sudut pandang Mario, keinginannya mungkin berasal dari keinginan untuk memberikan nafkah batin kepada istrinya, namun dari sudut pandang Alya, penolakannya memiliki dasar yang kuat karena dia bukanlah Alyssa, istri sah Mario. :D
    1. Ya itu sebagian cuplikan inti dari tulisan ini.
  2. wah detail juga nih pembahasannya. bener tuh, penyebutkan 'alya' saat adegan alyssa menurutku bukan kesalahan minor deh. tapi murni memang sutradara maupun editornya yang harus lebih teliti lagi
    1. Sepakat. Harusnya bisa disupervisi sebelum tayang.
  3. Wah semoga kualitas sinetron ini tetap bagus dan writing nya tetap fokus ya, tidak terpengaruh pasar, supaya sinetronnya tetap nyaman untuk diikuti :)
    1. Semoga saja.
  4. Sedetil itu melihat hal yang tidak mungkin diperhatikan oleh penonton biasa. Keren juga melihat genre sinetron dari sisi lain.
    1. Engga kok. Para penonton lain juga banyak yang menangkap 'kesalahan' ini.
  5. Pernah liat selewat-selewat sinetronnya.. tapi gak pernah liat utuh kalo baca ulasan Raja Sinema aku malah jadi keinget telenovela jadul Cinta Paulina hihi... mirip banget ga sih dari beberapa sisi cerita..

    Udah lama ga liat akting Naysila tiba-tiba collabnya sama suami Asmirandah..lumayan bikin penasaran sebenernya.. tapi ngumpulin keberanian dulu deh buat balik nonton sinetron lagi huhu
    1. Ada memang penonton yang bilang mirip telenovela tersebut.
  6. Yah begitulah kalo sinetron stripping kak. Selalu ada aja kesalahan2 minor yg kdg buat pemirsa jd risih. Kok bs sih kesalahan gt malah ditayangin? Atau ini malah jd alat marketing? Haha.

    Pas abis maghrib, emak gw selalu nonton deh sinetron ini. Kdg ya kesel jg sih ama perilaku si pemain. Berarti sutradaranya sukses nih bikin pemirsa geregetan. Hehe.
    1. Hehe. Kekesalan pemirsa adalah salah satu bentuk kesuksesan sebuah sinetron.
  7. resiko kejar tayang ya, semuanya serba buru-buru dan mungkin kurang teliti, tapi biasanya penonton kalau sudah terpesona dengan cerita dia akan mengabaikan miss yang penting mereka bisa komen
    1. Kadang serunya sinetron memang di komen penonton.
  8. Seru banget ya kalo ngikutin dari awal, sayangnya saya jarang sekali nonton sinetron gini. Tapi seru baca sinopsisnya dan pastinya penonton makin penasaran.
    1. Memang kalau pengin ngerasain keseruan sebuah sinetron harus nonton dari awal.
  9. Ide ceritanya sih bagus, tapi yah... gitulah klo jadi sebuah sinetron Indonesia. Seperti ulasan di artikel ini, menurut saya itu kesalahan fatal loh klo karyawannya salah panggil nama. emang kesalahan pemain, tapi editor harus lebih teliti lagi.
    1. Bahkan harusnya saat syuting langsung dicut dan diulang.
  10. iya, nayshila mirdad ini kalau dapat peran suka yang mewek-mewek, melas. Cocok jadi alysa. Tapi, aku kok rodo geregetan ya tahu alya yang sudah tektokan buat mendampingi Mario. Namanya juga sinetron . Jadi penasaran pengen nonton langsung, hhha
    1. Ya, silakan ditonton.
  11. Aku jarang banget lihat TV, jadi baru tahu ada sinetron ini. Kalau OST nya sudah tahu sih karena tahu penyanyinya. Ternyata Naysilla Mirdad masih eksis juga ya di dunia sinetron. Legend sih ^^
    1. Wuih penggemar Lesti ya?
  12. Ga punya TV di rumah, dan baru tahu nih sinetronnya. Btw kayaknya udah lama bgt ya Naysilla Mirda ga main sinetron lg sebelum ini.
    1. Engga kok, Naysilla masih main beberapa judul sinetron dalam 5 tahun ke belakang.
  13. Bagus2 nih sinetron sekarang ini cuma kadang suka kelamaan jadinya cerita yang harusnya bagus dengan pemain yang cakep2 malah kaya diulang2 terus
    1. Ya, harusnya sat set aja. Nggak usah sampai ratusan atau bahkan ribuan episode.
  14. kaya judul lagu ya tertawan hati. Udah lama banget ngga lihat sinetron. Harusnya sinetron jangan terlalu panjang gitu ya, dan langsung ada karmanya. Pasti seru tuh.
    1. Ya, judulnya sama dengan judul lagnya Awdella yang fenomenal.
  15. Sampai kemarin sekilas nonton, kayanya masih bahas Mario yang mau ngasih nafkah batin tapi ditolak. Ini sepertinya bakal jadi kompor buat Allysa asli yang mulai deketin Mario lagi dan mungkin akan menuju perceraian. Mungkin saja lho ya
    1. Balik nonton ke eps.37, Mario dan Alya mau akad nikah ulang. Ibunya Mario jadi kurang suka Alya. Bener udah ketinggalan jauh.
  16. Tertawan hati ini lagi viral ya, penasaran tapi belum sempat ingin nonton sinetron ini
    1. Biasa saja sih, viral di kalangan penontonnya saja.
  17. Oh ini sineteton terbarunya Nay ya 🤩.
    Udah lama kali daku ndak nonton aktingnya dia. Terakhir pas sekolah hehe. Semoga tetep se-asik dulu ya karakternya
    1. Hm...
  18. Saya udah lama banget nggak pernah nonton sinetron.Kayaknya udah hampir mau 10 tahun deh hehe. Tapi, saya tuh selalu suka sama cerita yang diperankan naysila mirdad. Betah banget nonton dia karena wajahnya manis banget :)
    1. Di sini malah terlihat lebih cantik dan dewasa.
  19. Kadang enaknya nonton sinet tuh.. aku gabutuh subs kan ya..
    Plus segimana anehnya, kek aku uda bisa memaklumi gitu.. Gosa dibawa ngomel-ngomel juga.. da biasanya juga gitu kaan.. ((ini pendapatku dalam hati)). Walau yaah, kalo ada kesalahan teknis kek yang disebutkan kang Raja di atas bikin males buat lanjutin yaa..

    But, beberapa hari ini.. aku lagi rajin nontonin beberapa film Indonesia.
    Bingung mau nonton sinet apa. Tertawan Hati bisa ditonton dimana, Kang?
    hehehe..
    1. Saking sebagian besar sinetron masa kini aneh, jadi sudah bisa memaklumi ya. Hehe.
  20. Pemain yang cowo mukanya mirip bule gitu ya. Penasaran juga sih kayaknya bagus alurnya. Sedikit rumit. Tapi agak kurang realistis gitu ya. Jadi berasa aneh aja tiba-tiba ketemu sama orang yang mirip.
    1. Sebetulnya sih realistis saja, hanya saja kejadiannya langka di dunia nyata.
  21. sinetron tertawan hati ini kayanya lagi viral ya? Jadi penasaran deh sama alurnya.
    1. Sejauh pengamatan saya, biasa saja. Hanya diperbincangkan di kalangan penonton setia saja.
  22. ibu mertua nih yang nonton sinetron ini, sekilas sambil lewat atau sambil beberes aku ikutan nimbrung tapi gak ngeh sama jalan ceritanya. cumna lihat itu ada si nay, hehehehe. nay emang terkenal dengan tokoh lugu dan sad girl ya. jadi penasaran dia jadi strong girl or even villain kek gimana
    1. Di sini, beneran Naysilla dibuat nggak menye2. Strong sekaligus naif/lugu. Beneran keren aktingnya.
  23. Belum sih ngikutin sih, Kak. Cuma kapan waktu baru tahu judulnya aja. Pas tahu itu, jadilah mikir buat nonton. Penasaran aja. Tapi sekarang sedikit tahu dari ulasan ini
    1. Sip!
  24. Sudah lama banget nggak ngikuti duni persinetronan indonesia hehe. Tadi barusan baca review awalnya, eh review disini bahas episode 1 sampai 10.

    Aku berharap semoga ceritanya nggak makin ngelantur, bisa tetap di tujuan awalnya. Biar nggak kabur penontonnya
    1. Aaamiin. Tapi kalau udah ngikutin dari awal, sengelantur apapun, biasanya penonton terus ngikutin.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.