Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Calon Laris, Intip 4 Film Indonesia yang Tayang Agustus 2022

Film Indonesia Agustus 2022 beragam genre. Mulai dari horor, romansa remaja, laga politik, hingga laga perampokan. Seru!

Ibarat kata makin tua makin jadi, film Indonesia 2022 makin jadi menggaet penontonnya.

Setelah dua film (KKN di Desa Penari, Ngeri-Ngeri Sedap) berhasil mentasbihkan diri masuk di jajaran Top 15 Film Indonesia terlaris sepanjang masa, rasa-rasanya film Indonesia 2022 belum berpuas diri.

Di deretan bulan Juli 2022 ada film horor Ivanna dan komedi horor Ghost Writer 2 yang berpotensi tembus satu juta penonton. 

Bagaimana dengan Agustus 2022?

Dari empat film Indonesia yang akan tayang di bulan kemerdekaan ini, naga-naganya ada film yang akan masuk ke jajaran terlaris sepanjang masa. Menurut kamu yang mana?

Mari kita kenalan dulu saja

1. Pengabdi Setan 2: Communion (4 Agustus 2022)

Kalau kamu menjadi bagian dari 4,2 juta penonton Pengabdi Setan (2017), tentu kamu masih ingat kalau perjalanan karakter di film tersebut berakhir di rumah susun. Nah, di sekuelnya kali ini karakter Bapak dan ketiga anaknya, (Rini, Toni, dan Bondi) akan melanjutkan hidup di rumah susun demi menghindari teror ibu.

Tapi apakah lantas teror ibu berhenti begitu saja?

Film produksi Rapi Films ini masih mengandalkan Joko Anwar sebagai sutradara. Pun juga tidak ada pergantian pemain. Masih didukung oleh Bront Palarae sebagai Bapak, Tara Basro sebagai Rini, Endy Erfian sebagai Toni, dan Nasar Anuz sebagai Bondi.

Melihat kesuksesan film pertamanya yang saat ini bertengger di posisi 7 film Indonesia terlaris sepanjang masa, rasa-rasanya sekuel yang mengambil tajuk 'Communion' ini akan mengulang sukses yang serupa.

2. 12 Cerita Glen Anggara (18 Agustus 2022)

Mungkin Mariposa adalah film yang paling 'tersakiti' oleh pandemi. Pasalnya film yang tayang pada Maret 2020 ini terpaksa harus berhenti tayang di saat penontonnya sedang melaju keras. Ibarat kisah percintaan, film ini harus ditinggal pas sayang-sayangnya. Aiih.. 

Tapi, walau hanya beberapa hari saja tayang di bioskop, film produksi Falcon Pictures dan Starvision ini masih sanggup mengumpulkan 700 ribu penonton. Pesona duet Angga Yunanda dan Adhisty Zara nampaknya masih bekerja dengan baik.

Dan untuk memuaskan penggemarnya, cerita Mariposa akan berlanjut. Tapi pusat ceritanya bukan lagi pada karakter yang diperankan oleh Angga dan Zara, tapi pada karakter pendamping Glen Anggara yang diperankan Junior Roberts.

Jadilah filmnya berjudul 12 Cerita Glen Anggara. Bisa dibilang kalau film ini adalah spin-off dari Mariposa.

Aktor Junior Roberts tetap dipertahankan untuk memerankan karakter Glen Anggara. Sementara untuk mendulang penonton lebih banyak dari film induknya, film arahan Fajar Bustomi ini menghadirkan aktor populer Prilly Latuconsina sebagai love interest bagi karakter Glen.

3. Sayap-Sayap Patah (18 Agustus 2022)

Judul film yang satu ini terasa sangat puitik sekali bukan? 

Kalau kamu pencinta sastra mungkin akan langsung teringat pada karya Kahlil Gibran jika membaca judul film ini. Atau jika kamu pecinta musik, kamu akan langsung teringat pada lagu Dewa 19.

Eitss, tapi film ini bukan diadaptasi dari keduanya lho. Film ini malah diangkat dari peristiwa nyata kerusuhan berdarah yang terjadi di Mako Brimob yang menewaskan 5 anggota Densus 88 pada 2018 lalu. 

Cukup berani dan tampak menjanjikan!

Sutradara Rudi Soedjarwo yang pernah sukses dengan Ada Apa Dengan Cinta? dipercaya untuk memegang kendali film ini. Uniknya, film ini pun mendapuk pemeran AADC sebagai pemeran utama yakni Nicholas Saputra yang kali ini dipasangkan dengan Ariel Tatum.

Jadi, Nicho apa Tatum nih yang menang banyak?

4. Mencuri Raden Saleh (25 Agustus 2022)

Yang berada di daftar terakhir juga nggak kalah menjanjikan. Film bergenre 'heist' ini mendapuk para bintang muda populer saat ini dalam satu film. Kapan lagi coba lihat Angga Yunanda, Iqbaal Ramadhan, Rachel Amanda, Ari Irham, Umay Shahab, dan Aghniny Haque berada dalam satu frame?

Berbicara genre film 'heist' alias 'perampokan', genre ini memang bukan barang baru di perfilman dunia. Tapi dalam khazanah sinema Indonesia baru beberapa saja yang percaya diri membentuk dirinya sebagai heist movie. Contohnya adalah film The Professional (2016).

Kali ini Angga Dwimas Sasongko di bawah bendera Visinema Pictures akan menambah daftarnya. Ceritanya sendiri tentang sekelompok anak muda yang berupaya mencuri sebuah lukisan bersejarah yang berada di Istana Presiden.

Tentunya kalau kamu penggemar heist movie, sudah nggak perlu dijelaskan lagi kalau masing-masing dari sekelompok anak muda tersebut punya peran dan 'kekuatan' tersendiri. Biasanya ada yang jago merencanakan, jago nge-hack, jago nyupir, jago berantem, dan jago negosiasi.

Dan dengan kemampuannya tersebut, mereka akan bekerjasama menyusun rencana terbaik demi mencuri apa yang mereka inginkan.

Pokoknya, nonton film seperti ini sudah kebayang bakal seru banget. Penasaran 'kan? Sama!


Dari materi dan skala produksinya, menurut hemat saya keempat film di atas punya potensi untuk laris. Tapi itu semua tergantung kamu. Kalau kamu duduk diam rebahan saja nggak ke bioskop, ya semua itu nggak mungkin terjadi.

Jadi, mau nonton yang mana hayo? 

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

22 comments

  1. Dari sederet film yang ditampilkan, aku udah gak sabar nunggu Pengabdi Setan 2. Kalau yang Raden Saleh sempat liat trailernya tapi kok kurang tertarik. Nah yang Sayap-sayap Patah menarik perhatian karena based on true story dan ada Nicsapnya haha. Kayaknya calon-calon film laris ini.
    1. Rerata memang pada nunggu Pengabdi Setan 2, apalagi kalau memang suka sama film pertamanya.

      Kenapa kira-kira nggak tertarik sama Mencuri Raden Saleh?
  2. Gak sabar nunggu yang pengabdi setan sih kalau aku hhi, suka yang berbau-bau horror gitu, penasaran sama kelanjutan ceritanya bagaimana :D
    1. Selamat menonton, minggu depan.
  3. Aku pernah lihat trailernya Mencuri Raden Saleh pas lagi enak-enak Youtube-an. Menurutku sih cukup menjanjikan film ini.

    Cuman ya gitu, untuk tugas melariskan film-film Indonesia, saya pasrahkan ke yang lain aja. Karena kondisi yang beum memungkinkan untuk main ke bioskop sering2 🙊
    1. Semoga kondisinya segera memungkinkan untuk wisata ke bioskop ya.
  4. Udah gak sabar nungguin Pengabdi Setan 2 karena ending film yang pertama dulu kan bikin penasaran. Tetangganya itu apa bener temannya ibu? Dan apakah ibu akan hadir dan tetep meneror mereka, penasaran banget sih.
    Film lainnya yang pengen aku lihat yang berdasar kisah nyata, Sayap Sayap Patah kayaknya melow nih, eh bener gak sih? Udah ada trailernya kan? Mau nonton trailernya dulu deh
    1. Selamat menonton Pengabdi Setan 2.

      Untuk trailer masing-masing film, boleh ditonton saja sudah saya sematkan di dalam postingan.
  5. Dari keempat film tersebut sepertinya aku kepo sama Mencuri Raden Saleh aja

    Untuk yang ketiga - karena menyangkut peristiwa nyata kerusuhan berdarah yang terjadi di Mako Brimob yang menewaskan 5 anggota Densus 88 pada 2018 lalu kudu menyiapkan mental nih
    1. Selamat kepoin Mencuri Raden Saleh di bioskop.
  6. Sebagai yang bukan movie anthusiast, seringnya contekan daftar film begini buat jadi sekadar tahu saja.
    Biar gak terlalu bengong pas ada yg ngobrolin film :D Paling 'nonton'nya di timeline twitter.
    1. Ya gpp, setiap orang punya anthusiast masing-masing. Setidaknya cukup tahu saja ya.
  7. aghniny haque kayaknya lagi laris banget yaa. saya juga tertarik nih sama film mencuri raden saleh itu sepertinya bakal seru. kalau film vino bastian yang miracle in cell no 7 itu kapan tayangnya ya?
    1. Aghniny termasuk yang maraton sih belakangan ini.

      Mungkin yang Miracle cell itu tayang pada September 2022. Nanti, info updatenya akan kembali dipublish di RajaSinema.
  8. saya kok ya lebih penasaran ke yang nomor 4, Mencuri Raden Saleh ini, rasanya aktor-aktris yang beranjak dewasa ini kayaknya bakalan beneran mencuri hati penonton deh :)
    1. Semoga perpaduan aktor-aktor muda yang sedang naik daun ini memang bisa suguhan yang bagus dan menjanjikan.
  9. Wah bulan Agustus bakal ramai dengan film-film Indonesia yang bagus. Saya pilih itu Mencuri Raden Saleh, penasaran untuk bisa melihat genre heist yang ada di film ini.
  10. wah ada Pengabdi Setan2 nya Joko Anwar, dan filmnya Rudi Soedjarwo , siap2 ah 17 agustusan nonton film Indonesia yang ditunggu tunggu
  11. Dari ke 4 judul film diatas, kayaknya saya pilih film no 3 dan 4 aja deh. tuk film no 1 ga saya pilih soalnya saya ga suka film horror. yang ke 2 temanya percintaan anak abg gitu ya? ga tau kenapa saya kurang tertarik euy. no 3 walopun kurang ngefans sama ariel Tatum, tapi karena ada Nico nya, gapapa deh. no 4 kalo dari judulnya kayaknya cukup menarik, tapi ga tau juga ya alur cerita aslinya hihi
  12. Daku mau nonton si unyu Umay dan Rachel..
    Keknya bakal menantang nih akting mereka berdua, dan bagaimana karakternya yang bikin daku penasaran.
  13. Aku baru tau soal Mariposa yang "ditinggal" saat sayang sayangnya :'') yang Sayap sayap Patah aku penasaran deh, pengen tahu kalo difilmkan kek mana
  14. Iiih betul sekali, apalagi film nya mas Nico... aku harus nonton. Terakhir lihat filmnya waktu masih kinyis kinyis di AADC. Pengabdi setan skip lah, gak hobby nonton horor aku
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meniggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan kata-kata kasar.