Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Fakta Menarik Hati Suhita, Film Drama Rumah Tangga Terbaru Persembahan Starvision

Mengusung drama rumah tangga dalam lingkungan pesantren, Hati Suhita siap bikin baper para pasangan muda terutama yang baru menikah
Official poster Hati Suhita/Starvision

Rumah produksi Starvision yang digawangi oleh produser Chand Parwez Servia nggak henti-hentinya menyuguhkan film yang inspiratif dan variatif.

Di awal tahun 2023, Starvision memulainya dengan art-horror Puisi Cinta yang Membunuh karya sutradara Garin Nugroho. Selanjutnya, pada Februari 2023, Starvision menggandeng Moviesta untuk mengadaptasi novel romansa remaja populer Gita Cinta dari SMA di bawah arahan Monty Tiwa.

Namun sayangnya, kedua film ini tidak direspon baik oleh penonton. Jumlah penontonnya hanya di kisaran puluhan ribu saja.

Starvision baru merasakan jumlah 1 juta penonton pascapandemi lewat Buya Hamka Vol.1 yang bekerjasama dengan Falcon Pictures.

Saat ini, film yang menceritakan tentang perjuangan seorang ulama dan akademisi besar bernama Hamka ini tengah tayang di bioskop.

Untuk menjaga kontinuitas penonton di bulan Mei 2023, Starvision kembali menguji peruntungannya dengan menayangkan film drama rumah tangga berjudul Hati Suhita.

Seperti apa gambaran film yang diadaptasi dari novel karya Khilma Anis berjudul sama ini?

1. Berlatar Islam dan pesantren

Hati Suhita mengisahkan konflik suami istri dalam sebuah rumah tangga. Tapi ia bukan drama rumah tangga biasa. Hati Suhita secara spesifik memberikan latar pesantren dan nilai-nilai Islam di dalamnya.

Adalah Alina Suhita, seorang perempuan yang dijodohkan untuk menjadi istri Gus Birru. Gus Birru sendiri adalah putra tunggal pimpinan pesantren yang diharapkan bisa meneruskan kepemimpinan ayahnya mengelola pesantren.

Sebagai santriwati terbaik, Alina Suhita dipilih untuk mendampingi Gus Birru karena dipercaya bisa membantu Gus Birru dalam hal pengeloaan pesantren. 

Sayangnya, Gus Birru tidak mencintai Alina Suhita sama sekali. Bahkan, ia sedang memiliki kekasih ketika menikah dengan Alina Suhita.

Sejak saat itulah, perjuangan lahir dan batin Alin Suhita diuji untuk bisa menggapai cinta dan rida suaminya, Gus Birru.

2. Diarahkan oleh sutradara Wedding Agreement

Kalau kita menelisik premis utama Hati Suhita, sepintas memiliki kesamaan dengan Wedding Agreement yang juga diproduksi Starvision.

Kesamaannya terletak pada kedua karakter utama yang terpaksa menikah walau tidak saling mencintai. Dan karakter istri yang berusaha tegar menghadapi semuanya.

Selain itu, kedua film ini juga sama-sama berlatarkan nilai-nilai Islam.

So, rasanya tidak berlebihan jika Starvision mempercayakan sutradara Wedding Agreement, Archie Hekagery, untuk menggarap Hati Suhita.

Menurut hemat saya, Archie Hekagery termasuk sutradara muda yang punya pemahaman baik terhadap nilai-nilai Islam. Dan ia mampu menerjemahkannya ke dalam film dengan baik pula.

Tarung Sarung adalah karyanya yang paling saya suka sejauh ini karena berhasil memadukan nilai Islam dengan kearifan lokal Makassar.

3. Diperankan Omar Daniel yang tengah naik daun

Gus Birru yang sedang bimbang/Starvision

Siapa yang paling pas memerankan karakter laki-laki yang terkesan galak dan tegas, juga memiliki potongan muka sebagai anak pesantren?

Starvision saja bisa mengulang kesuksesan Refal Hady untuk berperan sebagai Gus Birru. Tapi rasanya, sosok Biantara Wicaksana sudah lekat sekali dengan Refal Hady. Jadi, biarkan saja angan penonton tetap melihat Refal sebagai Bian, suami yang cool di Wedding Agreement.

Maka terpilihlah aktor Omar Daniel untuk memerankan karakter Gus Birru. Omar Daniel bukanlah pendatang baru. Wajahnya kerap kali muncul di layar kaca dalam sejumlah sinetron.

Dan dalam satu tahun ke belakang, karirnya mulai banyak di-notice oleh warganet setelah perannya dalam berbagai series seringkali muncul di media sosial.

Semisal duetnya bareng Anya Geraldine dalam The Sexy Doctor is Mine, bareng Aurelie Moeremans dalam Mantan tapi Menikah, juga bareng Michelle Ziudith dalam Progresnya Berapa Persen?

Sebelumnya ia juga berperan sebagai ustad pesantren dalam film horor religi Qorin.

Dan kesemua peran yang saya sebutkan di atas memiliki benang merah yang sama dengan karakter Gus Birru, yakni karakter cowok yang cool dan misterius.

4. Siap tayang mulai 25 Mei 2023

Untuk mendampingi Omar Daniel, Starvision memilih Nadya Arina sebagai Alina Suhita dan Anggika Bolsterli sebagai kekasih Gus Birru.

Film yang naskahnya ditulis Alim Sudio ini akan tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 25 Mei 2023.

Jadi, apakah kamu termasuk yang menanti film ini?

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

21 comments

  1. woh ini akan jadi film bioskop yaa.. kupikir bakal jd web tv series juga.. let see deh mungkin bakal memutuskan saat ada trailernya :))
    1. "kupikir bakal jd web tv series juga", kalau juga di sini merujuk pada Wedding Agreement, sebelum terkenal seriesnya, sudah dibuatkan layar lebarnya terlebih dahulu.

      Untuk trailer sudah ada, silakan ditonton.
  2. Woahhh kayaknya keren nih baca ulasannya sekilas, wedding agreement aja bagus menurut saya, semoga nanti kalau gak sempet nonton bisa tayang di streaming legal kayak Netflix atau Disney+

    -Dayu Anggoro
    1. Kalau melihat track record PH-nya, dalam waktu 3-5 bulan sejak tayang perdana, biasanya ada di layanan OTT.
  3. beberapa kali liat trailer-nya saat nonton di bioskop, kebayang ya menikah dengan seseorang pilihan orangtua lalu berhadapan dengan prinsip yang ada
    1. Belum kebayang sih hehe, tapi pasti dilematis dan banyak kompromi.
  4. Seru juga ada film berlatar islami utamanya khas anak pesantren kayak gini, penasaran nih akhir mei ya
    1. Walau bukan yang pertama, tapi silakan ditonton.
  5. film dengan latar belakang Islam memang menarik ya, apalagi awal-awal dulu waktu munculnya ayat-ayat cinta, terus ada 99 cahaya dilangit eropa. Dan hati suhita ini menarik juga sepertinya. mengenai kisah rumah tangga dengan konfliknya, pastinya ada hikmah menarik yang bisa dipetik
    1. Sarat makna filmnya ya mbak
    2. dan sejak Ayat-Ayat Cinta rilis 2008, genre ini masih bertahan dan berkembang.
  6. Pas baca kalau Gus Birru dulu mantan ketua organisasi pergerakan mahasiswa, saya jadi ingat organisasi zaman kuliah dulu. Memang susah buat orang idelalis yang biasa menggaungkan kebebasan memilih, tapi dirinya sendiri kok nggak bisa.
    1. Langsung konflik batin dalam diri sendiri.
  7. Filmnya menarik dan jadi penasaran banget nih buat masuk ke list nonton selanjutnya
    1. Silakan.
  8. bentar lagi tayang ya.. kayaknya menarik dan bisa masuk ke marketnya masyarakat indonesia kebanyakan ya kak
    1. Just wait and see. Berdoa semoga ditonton oleh orang banyak.
  9. Semoga bisa nonton deh karena penasaran kisahnya
    Aku soalnya nunggu jadwal suami yang enggak padat kalau mau nonton
    1. Ya semoga.
  10. Ternyata belum tayang di bioskop.
    Mantap banget kang Raja uda kasih banyak alasan untuk gak melewatkan film Hati Suhita yang akan tayang 25 Mei besok.
    Semakin gak sabar karena penasaran sama ending dari Film Hati Suhita.

    Selalu ada pertanyaan, "Kepada siapa hati Gus Birru berlabuh?"
    1. Yoi, baru tayang besok. Dan sama, saya juga penasaran gimana akhir kisah cinta mereka.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.