Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Makin Bergairah, Intip 7 Film Indonesia yang Tayang Juni 2022

Makin bergairah, rumah produksi besar mulai mengeluarkan film Indonesia andalannya untuk bioskop


Berbagai macam kelonggaran aturan pandemi yang diberlakukan pemerintah, membuat kehidupan masyarakat perlahan kembali seperti biasa. Industri film (khususnya bioskop) pun sudah mulai mendulang sukses dalam hal raihan jumlah penonton.

Contohnya adalah KKN di Desa Penari (April 2022), yang resmi mencatatkan diri sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 8 juta penonton. Dan kemungkinan jumlah penontonnya masih akan terus bertambah karena film produksi MD Pictures ini masih tayang di sejumlah bioskop.

Dan untuk meramaikan sekaligus menutup semester I 2022, setidaknya 7 film Indonesia siap tayang pada Juni 2022. Sebagian besar film tersebut diproduksi oleh rumah produksi ternama yang seringkali mencatatkan raihan penonton yang sukses.

7 Film Indonesia Juni 2022:

1. Ngeri – Ngeri Sedap (2 Juni 2022)

Orang Batak wajib masukin film ini ke dalam wishlist/Imajinari

Film pertama hadir dari karya sutradara Bene Dion Rajagukguk. Karya pertamanya Ghost Writer (2019) yang bergenre komedi horor, berhasil tembus satu juta penonton. Kali ini Bene mencoba mengangkat drama keluarga yang dekat dengan kesehariannya, yakni tentang satu keluarga Batak.

Dikisahkan ada dua orangtua yang rindu pada anak-anaknya di perantauan. Namun, karena satu dan lain hal, anak-anaknya menolak pulang ke kampung halaman untuk menemui orangtuanya. Demi membuat anak-anaknya pulang, kedua orangtua tersebut berpura-pura bertengkar dan hendak bercerai.

Mampukah drama ini berhasil membuat anak-anak mereka pulang?

Film produksi Imajinari ini banyak didukung oleh kru dan pemain yang juga memiliki hubungan dengan Batak. Di antaranya Tika Panggabean, Arswendy Beningswara Nasution, Boris Bokir, dan Gita Bhebita Butar-butar di jajaran pemain. 

Sementara di jajaran kru ada Padri Nadeak sebagai penata kamera serta Ezra Tampubolon sebagai penata artistik.

2. Satria Dewa: Gatotkaca (9 Juni 2022)

Kabarnya kisah tentang pewayangan akan menjadi bagian dari cerita filmnya/Satria Dewa Studio

Genre film Indonesia makin beragam. Setelah Gundala, genre laga superhero akan diramaikan oleh Satria Dewa: Gatotkaca. Hanung Bramantyo yang gagal menyutradarai Gundala dipercaya untuk mengarahkan film perdana dari Satria Dewa Universe ini.

Hanung memercayakan karakter utama Gatotkaca pada aktor muda Rizky Nazar. Ini bukan kali pertama Hanung bekerjasama dengan Rizky Nazar. Aktor yang sempat terjerat kasus narkoba beberapa waktu lalu ini, memulai debut layar lebarnya bersama Hanung lewat 2014: Siapa di Atas Presiden?

Selain Rizky Nazar, film produksi Satria Dewa Studio ini didukung oleh aktor muda berbakat lainnya seperti Omar Daniel, Yasmin Napper, dan Aghniny Haque. Tak ketinggalan dua aktor laga kebanggaan Indonesia, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, pun turut serta meramaikan film ini.

Penasaran seperti apa cerita yang bakal disuguhkan oleh superhero lokal ini?  

3. Naga Naga Naga (16 Juni 2022)

Deddy Mizwar makin tua makin jadi/Citra Sinema

Kisah tentang Naga Bonar seakan tak ada habisnya. Pertama kali muncul pada tahun 1986, kemudian dibuatkan sekuelnya pada 2007, kini cerita tentang Naga Bonar memasuki jilid ketiga dalam Naga Naga Naga.

Tapi ceritanya memang tidak lagi berpusat pada karakter Naga Bonar yang di jilid ketiga ini sudah menjadi seorang 'ompung' (kakek). Melainkan pada karakter cucunya bernama Monaga yang diperankan oleh Beby Tsabina.

Suatu ketika Monaga dikeluarkan dari sekolah karena bermasalah di sekolahnya. Orangtua Monaga yang tengah menikmati karir mereka, dibuat pusing dengan ulah Monaga di sekolah. Di sinilah peran sang kakek muncul untuk mendapatkan solusi sekaligus sekolah baru bagi Monaga. Namun keputusan sang kakek justru mendapat pertentangan dari orangtua Monaga. 

Sekadar informasi, peran orangtua Monaga dipercayakan pada aktor Tora Sudiro dan Wulan Guritno.

4. Keluarga Cemara 2 (23 Juni 2022)

Masihkah keluarga menjadi harta berharga?/Visinema Pictures

Sukses dengan jutaan penonton di film pertamanya, Visinema Pictures percaya diri untuk melanjutkan kisah Abah, Emak, dan Euis ini. Tidak ada perubahan pemain. Karakter Abah tetap diperankan oleh Ringgo Agus Rahman, karakter Emak oleh Nirina Zubir, dan karakter Euis oleh Adhisty Zara.

Hanya saja tongkat penyutradaraan berganti dari Yandy Laurens ke Ismail Basbeth (Mencari Hilal, Talak 3).

Ceritanya sendiri akan berfokus pada anak kedua mereka, Ara (Widuri Putri Sasono) yang merasa tersisih karena emak fokus pada adik bayinya yang baru lahir. Sementara Abah lebih sibuk pada pekerjaan barunya dan Euis yang lebih senang bermain-main dengan masa remajanya.

5. My Sassy Girl (23 Juni 2022)

Penasaran sama duo gesrek ini/Falcon Pictures

Falcon Pictures mulai mengeluarkan satu per satu dari beberapa proyek remake film asingnya. Yang akan tayang pertama kali adalah My Sassy Girl yang merupakan remake dari film Korea Selatan berjudul sama.

My Sassy Girl menjadi debut perdana Tiara Andini, penyanyi muda jebolan Indonesian Idol X. Ia akan berperan sebagai Sisi, gadis yang selalu mabuk-mabukan sebagai pelampiasan terhadap masa lalunya yang suram. Suatu ketika tanpa sengaja, ia bertemu dengan Gian (Jefri Nichol), pemuda yang akan menempuh perjodohan dengan kenalan tantenya.

Namun, pertemuannya dengan Sisi malah membuat Gian lebih sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama Sisi. Bagaimana hubungan mereka selanjutnya, dan apakah perjodohan Gian akan terlaksana?

6. Madu Murni (30 Juni 2022)

Kepikir langsung ke poligami nggak sih pas baca judulnya?/Starvision

Film ini sempat direncanakan tayang pada Maret 2022. Namun karena wabah Omicron, Starvision menunda penayangan film andalannya ini. Madu Murni yang dari skenario awalnya berjudul Bangun Badrun! ini siap menutup semester I 2022.

Film ini bercerita tentang pasangan Mustaqim (Ammar Zoni) dan Murni (Irish Bella) yang hidup sangat sederhana. Mustaqim dulunya seorang guru ngaji. Namun, karena ingin mendapat penghasilan yang lebih besar, Mustaqim beralih profesi menjadi debt collector alias si penagih hutang.

Namun, peralihan profesinya justru menimbulkan masalah baru di rumah tangganya. Murni tidak mau menerima uang dari pekerjaan suaminya karena penuh risiko dunia akhirat dan mengganggapnya tidak berkah.

Ya sudah, Mustaqim mencari istri baru untuk bisa dinafkahi. Eh eh eh... Atas saran temannya, ia menikahi Yati (Aulia Sarah). Tapi, pernikahaannya dengan Yati malah membuat Mustaqim tak bisa ereksi.

Apakah ini karma poligami, atau ada hal lain yang menjadi penyebabnya?

Drama komedi ini disutradai oleh Monty Tiwa yang tercatat sukses mengarahkan film-film serupa seperti Test Pack, Kapan Kawin?, dan Critical Eleven. Madu Murni pun mendapat dukungan naskah gubahan Musfar Yasin, penulis skenario senior yang pernah sukses dengan film Get Married (2007).

7. Ranah 3 Warna (30 Juni 2022)

Film ini sudah premiere internasional di Jakarta Film Week 2021/MNC Pictures

Tak mau ketinggalan dari PH rekannya, MNC Pictures juga mengeluarkan film andalannya pada Juni ini. Adalah Ranah 3 Warna, film drama meraih mimpi yang diadaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi berjudul sama.

Film ini merupakan lanjutan dari Negeri 5 Menara yang bercerita tentang seorang santri bernama Alif Fikri. Dalam lanjutannya ini, Alif Fikri diceritakan sudah lulus dari pesantren dan ingin melanjutkan studi ke pendidikan tinggi serta hijrah ke Amerika Serikat.

Namun, keinginan Alif ini terhalang karena pondok pesantren tempat ia belajar tidak menerbitkan ijazah. Intinya, keinginan Alif terhalang persoalan administrasi. Apakah Alif akan menyerah begitu saja?

Karakter Alif diperankan oleh Arbani Yasiz. Sementara bagian penyutradaraan diserahkan pada Guntur Soeharjanto yang terbukti piawai menangani film-film bergenre drama bermuatan nilai-nilai Islam.


Menurut hemat saya, ketujuh film yang ada dalam daftar di atas sangat menarik untuk ditonton. Kalau kamu sendiri tertarik nonton yang mana saja? Bagi di kolom komentar yuk!

 

 

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

34 comments

  1. Saya sedang sangat tertarik untuk menyaksikan Ranah 3 Warna nih. Semoga bisa terealisasikan keinginan saya dan partner untuk menyaksikan salah satu film Indonesia di bulan ini.
    1. Aamiin. Selamat menonton ya
  2. Anakku lagu ngerengek nih mintabnonton ngeri-ngeri sedap. Aku pikir becanda, eh beneran ada film judul ini. Aahaha. Klo aku malah pengen nonton film dedy Mizwar yg naga naga naga
    1. Selamat menonton!
  3. Turut senang melihat dunia perfileman Indonesia bisa kembali bangkit. Wah, beneran KKN Desa Penari menjadi film terlaris sepanjang masa(so far)? Emang sih waktu itu heboh banget di TikTok. Enggak sia2 org2 pada nungguin film Ini.
    1. Iya, per 20 Juni 2022 sudah 9,2 juta penonton pecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dengan 6,8 juta penonton.
  4. Paling penasaran sama film Ngeri2 Sedap krn banyak yg kasih review positif sama film ini. Keluarga Cemara 2 jg sayang bwt dilewatkan. Duh, jadi bingung mau nonton yg mana.
    1. Nonton keduanya saja, sama-sama film keluarga.
  5. Kenapa bagus bagus semua listnya. Semoga bisa ketonton semuanya
    Aku penasaran sama my sassy girl, bakalan seseru apa ya
    Semoga acting para pemainnya nggak mengecewakan
    1. Juni ini memang menjanjikan semua. Aku pun penasaran sama My Sassy Girl.
  6. Wah, terima kasih banget ini info yang saya cari. Lagi referensi tontonan liburan. Saya ingin dapat tontonan berkualitas karya anak-anak bangsa
    1. Sama-sama.
  7. di kampung tempat saya tinggal, lagi ramai banget pada nonton ngeri-ngeri sedap sama gatotkaca nih, mas. Eh, pas baca ini jadi kepingin nonton Naga, ada aktor favorit saya main, rupanya! :)
    1. Wah, siapa aktor favoritnya nih?
  8. Wahgile aja maraton uey bulan juni. Paling ingin aku tonton dua film keluarga cemara dan ranah 3 warna ..ehm
    ..
    1. Selamat menonton!
  9. Menarik film Indonesia saat ini ya, apalagi ada kelanjutan film naga Bonar dan keluarga cemara yang bikin penasaran. Semoga bisa ada kesempatan buat nonton
    1. Selamat menonton!
  10. banyak banget film bagus yg tayang di tahun 2022 ya kak, paling tertarik buat nonton gatot kaca sama my sassy girl sih, penasaran gitu lihat hasil remake dari orinya di korsel..
    1. Film remake selalu bikin penasaran ya, apalagi kalau film aslinya populer dan bagus.
  11. Belum pernah satupun ditonton nih. Banyak banget ya film-film ini ditayangkan pada bulan Juni ya Kak. Paling ingin aku tonton itu ranah 3 warna, madu murni, dan keluarga cemara sih karena penasaran sama film2 ketiga ini..
    1. Masih ada waktu buat nonton karena filmnya masih tayang di bioskop, dan beberapa akan tayang minggu depannya.
  12. Ngomongin nonton film di bioskop, saya terakhir nonton 2 tahun yg lalu kayaknya haha. duh kangen nonton. Dan dari ketujuh judul film yang bakal rilis di Juni 2022, saya tertarik buat nonton Naga naga naga sama Ranah 3 warna.
    1. Ayo kembali ke bioskop nonton film Indonesia.
  13. Senang rasanya ketika film indonesia kembali di minati. Karya2 anak indonesia keren2. Karena inspirasinya dari kehidupan sehari2. Selalu dengan cerita baru yg mnyentuh segala kalangan.
    1. Alhamdulillah
  14. Wah senangnya lihat film-film Indonesia kembali bergeliat apalagi masa masih pandemi begini. Semoga bisa kembali berjaya biar gak dominasi film asing mulu. Bagus-bagus nih filmnya.
    1. Yuk dukung dengan menontonnya di bioskop.
  15. KKN saja saya belum sempet nonton loh kak, hehe. tapi saya penasaran dengan film naga naga naga dan ngeri - ngeri sedap. film tema keluarga emang saya suka
    1. Ayo ayo segerakan nonton, hehe.
  16. Aku mau nonton film yg judulnya madu murni penasaran sama ceritanya lucu2 dengan komedi dewasa apalagi pemainnya Ammar Zoni pasti seru bngt
    1. Selamat menonton!
  17. baru paruh pertama sudah beragam saja ya jenis film yang muncul di bioskop. semoga paruh kedua nanti lebih banyak variasi, apalagi dari film non romantis hehehe
    1. Ya.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meniggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan kata-kata kasar.