Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

9 Film Indonesia Tayang September 2022

Film Indonesia beragam tema, mulai dari horor, drama keluarga, romansa, siap meramaikan September 2022

Sampai dengan Agustus 2022, sudah ada 8 Film Indonesia yang tembus 1 juta penonton di 2022. Mencuri Raden Saleh, kemungkinan menjadi yang ke-9.

Tiga dari empat film Agustus 2022 yang saya prediksi laris, memang menuai jumlah penonton yang signifikan. 

Mereka adalah Pengabdi Setan 2 yang saat ini sudah ditonton lebih dari 6 juta penonton. Ada juga Sayap-Sayap Patah yang sudah berhasil tembus 1 juta penonton. Kemudian Mencuri Raden Saleh yang saat ini tengah menguasai layar bioskop, dan diprediksi bisa menyusul kesuksesan dua film yang saya sebutkan sebelumnya. 

Nasib naas justru menimpa film produksi Falcon Pictures dan Starvision, 12 Cerita Glen Anggara. Meskipun mengandalkan popularitas Prilly Latuconsina sebagai bintang utama, film spin off dari Mariposa Universe ini hanya ditonton oleh 120 ribu penonton saja.

Bagaimana dengan September 2022?

Setidaknya ada sembilan film yang akan tayang di September 2022. Beberapa di antaranya adalah remake dari serial televisi legendaris dan ada juga yang remake dari film Korea Selatan.

Mari kita kenalan dulu saja

1. Mumun (1 September 2022)

Kalau kamu penikmat horor serial televisi, sudah barang tentu kamu nggak melewatkan serial Jadi Pocong tahun 2000-an. Serial buatan Mandra ini mempopulerkan dua karakter pocong yakni Mumum dan Jefry.

Nah, karakter Mumun yang fenomenal tersebut, kini dibuatkan kisahnya tersendiri dalam Mumun yang diproduksi oleh Dee Company. Melihat filmografi rumah produksinya, yang menuai sukses lewat Makmum 2, kemungkinan besar Mumun akan mengulang hal serupa.

Oia, karakter Mumun akan diperankan oleh Acha Septriasa. Sementara tongkat penyutradaraan diserahkan pada Rizal Mantovani.

2. Mendarat Darurat (8 September 2022)

Semakin banyak saja, para komika ini mendarat jadi sutradara. Setelah merampungkan film perdananya Partikelir (2018), Pandji Pragiwaksono kembali beraksi lewat film keduanya berjudul Mendarat Darurat.

Film produksi MD Pictures ini bercerita tentang Glen (Reza Rahadian) yang disangka meninggal saat terjadi kecelakaan pesawat yang dinaikinya. Selidik punya selidik, ternyata Glen nggak naik pesawat tersebut karena ia malah check-in (baca: selingkuh) dengan Kania (Luna Maya).

Jadi apakah Glen akan membiarkan orang-orang (termasuk istrinya) mengira dirinya meninggal dalam kecelakaan pesawat demi menutupi perselingkuhannya? Atau malah terjadi sesuatu yang lebih besar dalam rumah tangganya?

3. Miracle in Cell No. 7 (8 September 2022)

Mendarat Darurat mendapat lawan sebuah film remake Korea Selatan berjudul sama, Miracle in Cell No. 7. Konon, film ini adalah salah satu film Korea yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hmm....

Sutradara kenamaan Hanung Bramantyo dipercaya untuk mengarahkan film drama keluarga ini. Ceritanya sendiri tentang seorang ayah bernama Dodo (Vino G. Bastian) yang senantiasa ingin menjadi ayah terbaik bagi putri semata wayangnya.

Tapi suatu hari, Dodo ditangkap polisi karena suatu hal yang membuat ia terpisah dari putrinya. Ia pun dimasukkan ke penjara nomor tujuh yang berisi narapidana yang galak-galak.

Apa yang akan terjadi di sel penjara tersebut?

Selain Vino G. Bastian, film produksi Falcon Pictures ini turut pula didukung oleh Indro Warkop, Indra Jegel, Bryan Domani, Tora Sudiro, dan Denny Sumargo. 

My Sassy Girl yang juga diproduksi Falcon Pictures gagal memikat hati penonton. Bagaimana dengan Miracle in Cell No. 7?

4. Lara Ati (15 September 2022)

Sukses dengan tetralogi Yowis Ben bersama Starvision, Bayu Skak kembali hadir dengan film berbahasa Jawa terbarunya, Lara Ati. Tapi kali ini ia nggak bersama Starvision, melainkan bergandengan tangan dengan Base Entertainment.

Nggak jauh beda dengan Yowis Ben, Lara Ati pun mendapuk Bayu Skak sebagai pemeran utama. Berduet dengan Tatjana Saphira, mereka akan berperan sebagai dua orang sahabat yang sama-sama sedang merasakan sakit hati karena ditinggal kekasihnya masing-masing.

Karena kesamaan tersebut, mereka bekerjasama agar bisa mendapatkan kembali kekasihnya. Tapi apakah mereka berhasil, atau justru mereka berdua malah jatuh cinta?

Oia, sebagai media promosi, film ini dibuatkan sinetronnya (lokadrama) yang saat ini tengah tayang di salah satu stasiun televisi swasta.

5. Noktah Merah Perkawinan (15 September 2022)

Selain Jadi Pocong, serial legendaris yang dibuat ulang dan akan tayang di September 2022 adalah drama rumah tangga Noktah Merah Perkawinan.

"Mas..tampar.... mas"

Rasa-rasanya dialog yang dilontarkan oleh Ayu Azhari tersebut menjadi salah satu ikon sinetron tahun 90-an ini. Dan bagi kamu penggemar setianya, kamu bisa nostalgia menyaksikan dialog tersebut yang kini dilontarkan oleh Marsha Timothy.

Sebagai pasangan untuk Marsha yang berperan sebagai Ambar, aktor Oka Antara dipercaya berperan sebagai Gilang. Selain itu, Sheila Dara Aisha dan Roy Sungkono pun turut serta memeriahkan film produksi Rapi Films ini.

Nggak ketinggalan, film arahan Sabrina Rochelle Kalangie ini juga akan menghadirkan Ayu Azhari sebagai sebuah penghormatan.

6. Gendut Siapa Takut?! (22 September 2022)

Film-film yang berbicara tentang 'berat badan' memang jarang sekali dibuat. Makanya, Imperfect buatan Ernest Prakasa cukup diminati penonton ketika film tersebut rilis di bioskop.

Senada dengan Imperfect, film arahan Pritagita Arianegara ini akan mengisahkan yang mirip-mirip.

Adalah Moza (Marshanda), seorang penulis novel berbadan gendut yang usianya hampir 30 tahun. Ia terus-terusan dipaksa oleh ibunya untuk segera menikah. Sebetulnya Moza bukanlah jomblo akut, ia punya teman dekat yang berprofesi sebagai sutradara. Dafi namanya.

Tapi kisah cintanya semakin rumit, tatkala teman masa kecilnya hadir di antara hubungannya dengan Dafi. So, siapa yang dipilih Moza?

Eh, jadi ini persoalan berat badan apa cinta segitiga ya? Atau mungkin walaupun gendut, siapa takut (jatuh cinta).

7. Jailangkung: Sandekala (22 September 2022)

Semenjak Makmum 2 yang pertama kali menandai kesuksesan film Indonesia di masa pandemi, kemudian disusul KKN di Desa Penari, Ivanna, hingga Pengabdi Setan 2, rasa-rasanya film horor selalu menemani setiap bulannya. 

Selain Mumun, bulan September 2022 juga menjadi momentum bagi Jailangkung: Sandekala. Kalau dari cerita sih nyaris nggak ada yang spesial dari film-film horor tersebut. Palingan sebuah keluarga yang berlibur atau bepergian ke suatu tempat, lalu terjadi hal misterius di sana.

Pun juga dengan Jailangkung: Sandekala. Ya, walau cerita mainstream, film horor ini selalu diminati penonton. Besar kemungkinan film produksi Sky Media ini juga akan laris. Apalagi diarahkan oleh Kimo Stamboel yang tahun ini berhasil mengantarkan Ivanna ke panggung hampir 3 juta penonton.

8. Jagat Arwah (29 September 2022)

Lagi dan lagi. Horor!

Masih ber-euforia dengan Mencuri Raden Saleh, nampaknya Visinema Pictures ingin tetap mempertahakan 'kontinuiti penontonnya' dengan film lain. Adalah Jagat Arwah yang dipercaya untuk mempertahankan hal tersebut.

Dengan embel-embel 'diambil dari cerita Mike Wiluan', film yang dibintangi Ari Irham dan Cinta Laura ini merupakan horor pertama yang diproduksi oleh Visinema Pictures.

Eh ngomong-ngomong kenapa dikasih embel-embel Mike Wiluan ya. Apakah kamu tahu siapa dia?

Yowis, sekadar informasi Mike Wiluan adalah produser film-film seperti Rumah Dara, Headshot, The Night Comes for Us, dan Buffalo Boys.

Kira-kira apakah filmografi Mike Wiluan cukup untuk 'menjual' Jagat Arwah?

9. Until Tomorrow (29 September 2022)

Film terakhir yang akan menghiasi bulan 'ceria' ini adalah film yang diadaptasi dari kisah nyata. 

Mungkin kamu pernah mendengar kisah (viral) tentang suami bernama Alan Tito yang ditinggal istrinya hanya tiga jam setelah mereka menikah?

Saya sih belum pernah tahu ya. Tapi tak apalah. 

Kisah Alan Tito bersama istrinya ini menjadi inspirasi bagi Until Tomorrow karya Hadrah Daeng Ratu. Meskipun nama asli mereka tidak dijadikan nama karakter dalam filmnya.

Dan dua aktor muda Deva Mahenra dan Clara Bernadeth, dipercaya untuk memerankan pasangan suami istri tersebut. Tentunya siapkan saja tisu yang banyak, karena menonton film seperti ini berpotensi banjir air mata.

Untuk official teaser/trailer silakan ditonton video-video yang berada di bawah judul filmnya masing-masing


Siapkan uangmu, dan jadikan salah satu atau beberapa dari mereka menjadi film ke-10 yang tembus satu juta penonton di 2022

Jadi, mau nonton yang mana hayo? 

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

18 comments

  1. Tadinya udah naksir banget pengen nonton Miracle in Cell no.7, tapi terus terang pas liat trailernya aku agak kurang tertarik. Jadi nanti mau cek ombak dulu, kalau banyak yang bilang bagus baru deh aku nonton. Sementara yang masih naksir itu Noktah Merah Perkawinan. Sebab sinetronnya dulu bagus banget dan aku suka nontonnya.
    1. Sudah tayang dan bertaburan review positif. Sila cek ombaknya.
  2. hmm..ada 9 film penuh dengan bintang-bjntang bertaburan niih.. mau pilih yg mana yaa?? tampaknya sulit krn dr review ini semuanya menarik. atau ditonton semua saj bergiliran ya? haha..
    1. Ya bebas, pilihan ada di tangan anda. Haha..
  3. Seruu ada si mumun pocong cewek yg serem. Dulu sih nontonnya pas masih SD. Jadi penasaran nih mau nonton versi milenialsnya hahaa apalagi ada acha yg maen.
    1. Segerakan! Sangat pas untuk nostalgia.
  4. film horor lagi booming lagi yaaaaa... tapi saya belum punya keberanian bua nonton hihihi... cuman penasaran sama Noktah Merah Perkawinan.. sinetron legendaris itu dibikin film apa akan seru seperti sinetronnya
    1. Yohaa... pada berlomba-lomba bikin horor.

      Selamat menonton Noktah Merah Perkawinan
  5. Noktah Merah sih yaa..kayanya legend dari drama lalu diangkat menjadi sebuah film. Jadi inget Si Doel. Aku jadi berdecak kagum, Film Indonesia setiap bulan lumayan banyak juga produksinya yaa..
    Suka banget dengan kekayaan ide yang diwujudkan melalui sinematis ciamik.
    1. Ya secara jumlah, sudah mulai normal kembali seperti sebelum pandemi. Rata-rata 2-3 film/minggu
  6. Mumuuuuunn... rindunya pada masa anak-anak dulu. Pocong Mumun. Bikin penonton tertawa riang.

    Sama Noktah Merah Perkawinan, dulu sempet nonton sinetronnya juga. Semoga filmnya bagus nih.
    1. Sila buktikan di bioskop ya.
  7. Wahh noktah merah perkawinan bakal ada filmnya yaa. Ahh jadi ingat saat saya masih sekolah dulu, suka nonton sinetron, salah satunya adalah noktah merah perkawinan

    Saya juga penasaran dengan miracle ini cell no 7,apakah sesedih film koreanya?
    1. Sila dibuktikan sendiri di bioskop ya.
  8. Sepertinya saya hanya bisa menunggu film yang disebutkan diatas tersedia di aplikasi streaming online seperti bioskoponline, disney, serta platform nonton lainnya. Hal tersebut dikarenakan di tempat saya tinggal tidak ada bioskop untuk bisa menonton film-film terbaru yang keluar, mungkin jika punya waktu luang yang banyak bisa singgah ke negeri sebelah untuk sekedar nonton film nya..

    Tapi emang film-film diatas wajib banget ditonton, jalan ceritanya emang keren keren.
    1. Lokasi di mana bang? Semoga segera ada bioskop ya di daerah tempat tinggalnya.
  9. Dari 9 film di atas, yang paling ditunggu itu film mumun.

    Bisa dibilang Ini film penuh dengan aroma nostalgia akan filmnya yang dahulu menjadi favorit di masyarakat bersama sekuel nya film jepri
    1. Dua pocong yang sangat ikonik memang. Cocok untuk bahan nakut2in. Hehe
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meniggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan kata-kata kasar.