Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Nggak Cuma Tarian, 12 Film India Terbaik Ini Punya Cerita yang Bermutu

Tonton deretan film india terbaik berikut ini, barangkali persepsimu akan bollywood boleh jadi berubah.

Tak salah jika ada yang beranggapan bahwa mayoritas film India hanya berisikan drama yang diselingi tari-tarian. Tapi memang itulah salah satu ciri khas film India yang mampu membuatnya dikenal ke seluruh penjuru dunia. Bahkan jika kita berbicara film India terbaik sekalipun.

Begitu pula 12 film india terbaik yang akan kita bahas sekarang, hampir semuanya punya adegan tari-tarian. Tapi ada hal lain yang perlu kamu perhatikan saat menonton 12 film India terbaik ini: kualitas ceritanya dan isu yang ditawarkan.

Baiklah, kita mulai daftar ini dari film yang pasti sudah kamu kenal.

1. Kuch Kuch Hota Hai (1998)


Di deretan pertama saya persembahkan film India terbaik yang saya tonton pertama kali, dan yang sekaligus bikin saya jatuh cinta pada film India.

Pada akhir 90-an, film ini cukup terkenal di Indonesia. Kuch Kuch Hota Hai bercerita tentang drama cinta segitiga antar insan yang sudah berteman sejak kecil. Mereka adalah Rahul Khana (Sharukh Khan), Anjali Sharma (Kajol), dan Tina Malhotra (Rani Mukerji).

Ya, nama Rahul itu sepertinya sama dengan Budi kalau di Indonesia. Banyak banget lho karakter di film India yang namanya Rahul (selain Vijay si Inspektur legendaris tentunya).

Setelah beranjak dewasa, Rahul pun menikah dengan Tina. Padahal Rahul tahu Anjali diam-diam mencintainya. Kalau dipikir-pikir ceritanya agak mirip Heart ya?

2. Kabhi Kushi Kabhie Gham (2001)


Film India terbaik kedua ada Kabhi Kushi Kabhie Gham yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya “kadang senang kadang sedih”. Dari judul saja sudah kelihatan kalau film ini bakal bikin kamu kadang-kadang tersenyum, kadang bikin kamu terisak.

Atau malah kamu tersenyum sambil menangis saat menontonnya?

Tema filmnya sendiri hampir mirip dengan film India terbaik pertama, apalagi kalau bukan tentang cinte. Tapi Kabhi Kushi Kabhie Gham menyoroti konflik keluarga dengan cukup tajam.

Kalau bicara pemainnya sih pasti udah ketebak lah. Di era 2000-an bintangnya pasti masih seputar Sharukh Khan, Kajol, dan Rani Mukerji. Yang lebih menarik dari film ini adalah hadirnya aktor senior sekelas Amitabh Bachchan di jajaran pemeran utama.

Satu hal lain yang paling saya ingat dari film ini adalah lagunya: “Na judaa honge hum, kabhi khushi kabhie gham.

3. Mohabbatein (2000)


Saya nggak akan pernah lupa bagaimana kisah Shahrukh Khan dalam memperjuangkan cinta di Mohabbatein. Ia yang berperan sebagai mahasiswa, dengan berani mendobrak aturan asrama yang nggak memperbolehkan mahasiswa laki-laki dan perempuan untuk menjalin hubungan. Sebagai representasi mahasiswa, Mohabbatein mengambil tiga pasang aktor muda sebagai tokohnya.

Tapi di atas segalanya, sesungguhnya film India terbaik ini seperti hanya terdiri dari tiga tokoh: Shahrukh Khan vs Cinta vs Amitabh Bachchan. Lalu siapa yang menang? Saya nggak akan kasih spoiler, tapi kamu pasti sudah bisa menebak jawabannya.

4. Secret Superstar (2017)


Film yang penuh dengan iringan lagu dan aktor yang menyanyi bisa dibilang merupakan film musikal. Dan mayoritas film India yang selalu berisi lagu, tarian, dan nyanyian sebenarnya bisa juga dimasukkan ke dalam kategori musikal.

Menariknya, Secret Superstar yang diproduseri aktor Aamir Khan ini pun mengusung format musikal. Jadi bisa dibilang, Secret Superstar adalah film musikal yang bergenre musikal. Bingung ‘kan?

Sabar, nggak usah bingung. Film India terbaik ini menggunakan konsep musikal karena ceritanya pun nggak jauh-jauh dari musik. Adalah Insia (Zaira Wasim), gadis remaja berumur 14 tahun yang bermimpi sebagai penyanyi. Tapi sayang, impiannya itu selalu ditentang oleh ayahnya.

Suatu waktu, mungkin karena lelah oleh polah ayahnya, Insia pun pergi ke Mumbai demi mewujudkan mimpinya. Apakah Insia berhasil menjadi penyanyi atau nggak, tentu kamu harus menonton langsung filmnya.

5. Dangal (2016)


Sebelum Secret Superstar, Zaira Wasim dan Aamiir Khan juga pernah bekerjasama dalam film Dangal. Film India terbaik kelima ini bercerita tentang seorang pegulat tangguh yang ingin mewariskan keahlian gulatnya pada anaknya. Tapi yang menarik, bukan anak laki-lakinya yang dipilih si pegulat, melainkan anak perempuannya.

Filmnya mungkin bertema olahraga, tapi Dangal justru sanggup menyentuh hati lewat sajian drama keluarga dan perjuangannya para tokohnya dalam menggapai mimpi. Wajar kalau akhirnya film ini menyabet penghargaan Best Film di Filmfare Award 2017 (ajang penghargaan serupa FFI di Indonesia).

6. My Name is Khan (2010)


Shahrukh Khan dan Kajol itu bagaikan pasangan yang sudah ditakdirkan untuk menghasilkan ikatan kuat di setiap film. Tak heran jika akhirnya duet mereka di My Name is Khan mengundang banyak puja-puji.

Filmnya sendiri berkisah tentang Rizwan Khan, seorang muslim taat yang mengidap Asperger Syndrome. Karakterisasi dari Rizwan yang kesulitan berkomunikasi itu membuat hubungannya dengan Mandira, janda muda yang beragama Hindu, jadi terlihat menarik dan unik.

Namun, yang saya suka dari My Name is Khan adalah ia tak sekadar memotret hubungan cinta beda agama. My Name is Khan bergerak lebih jauh dari itu dengan menghadirkan kritik terhadap politik dan kehidupan sosial budaya masyarakat.

7. Dhoom 3: Back in Action (2013)


Kenapa saya lebih memilih memasukkan Dhoom 3 di deretan film India terbaik dibanding dua seri Dhoom sebelumnya? Jawabannya sederhana saja. Dhoom 3 yang dibintangi Aamir Khan menawarkan laga yang lebih menyegarkan. Bahkan pesona Aamir Khan sebagai kriminal lebih unggul dibanding Hritik Roshan yang bermain di Dhoom 2. Belum lagi chemistry-nya dengan Katrina Kaif, layak banget mendapat pujian.

Selain itu saya juga lebih suka cerita Dhoom 3 yang mengisahkan perampokan bank, pelakunya pun menyamar sebagai sirkus. Jika mau dibandingkan, Dhoom 3 sama kerennya dengan Now You See Me, film Hollywood yang juga tayang di tahun 2013.

8. 3 Idiots (2009)


Mungkin Rancho adalah salah satu karakter dalam film India terbaik yang paling memberikan kesan pada penonton. Bagaimana nggak, Rancho adalah karakter yang jenius sekaligus “idiot”.

Kok bisa? Ya, Rancho mau-mau saja saat seseorang memanfaatkan kejeniusannya demi kepentingan pribadi. Gimana ceritanya bisa begitu, sila kamu tonton saja filmnya ya. Saya bahkan berani bilang, rugi banget kalau kamu belum pernah nonton film ini.

3 Idiots adalah salah satu film India terbaik yang dengan cerdas mengkritik sistem pendidikan dan birokrasi. Dan untuk membuatnya lebih segar, sutradara Rajkumar Hirani mengarahkan 3 Idiots dengan format komedi. Jumlah tiga orang idiot pun digenapkan dengan dua teman Rancho yang sama-sama “idiot”.

9. Padman (2018)


Berbeda dengan film-film sebelumnya yang ada di daftar, film India terbaik yang satu ini bercerita tentang dunia kesehatan.

Sebelum kamu nonton film ini, kamu harus tahu dulu fakta kesehatan yang ada di India. Di negara yang beribukota New Delhi tersebut, sebagian besar kaum perempuannya nggak menggunakan pembalut saat datang bulan. Ya, di sana menstruasi masih dianggap tabu.

Menariknya, masalah itu justru mendapat perhatian dari seorang pria yang seumur hidupnya nggak akan pernah menstruasi. Adalah Arunachalam Muruganantham, pria yang kepikiran untuk membuat pembalut higienis sekaligus murah agar bisa dikonsumsi masyarakat. Konsumsi bukan artian dimakan ya, tapi dipakai.

Isu unik tersebut akhirnya dibuatkan filmnya oleh R. Balky dengan judul Padman. Kenapa Pad? Sila cari tahu sendiri apa arti Pad.

10. PK (2014)


Dari semua film India terbaik yang saya tonton, barangkali film yang nangkring di deretan sepuluh ini yang paling saya favoritkan. Saya sangat suka sekali bagaimana PK memandang kebenaran suatu agama dari seseorang yang sama sekali nggak mengenal agama. Uniknya, sang tokoh utama dilukiskan berasal dari planet lain yang sering kita sebut alien.

Dalam PK pula, alien tersebut mengungkap adegan-adegan tabu keagaamaan, semisal praktek uang di kuil dan tawar menawar kelapa dalam kekacauan di gereja. Pesan yang disampaikan PK begitu bermutu meskipun dibalut dalam sentuhan komedi.

Nggak banyak film yang berbicara tentang agama, namun mampu berkisah dengan cair tanpa menggurui. Dan PK salah satu yang berhasil melakukannya.

11. Mimi (2021)


Film India terbaik ini bercerita tentang pasangan John dan Summer, bule Amerika sudah lama ingin memiliki anak. Namun mereka tidak bisa memiliki anak karena Summer divonis tidak bisa mengandung. Mereka pun bersepakat mencarikan ibu pengganti. 

Setelah melalui proses pencarian, mereka tertarik kepada Mimi (Kriti Sanon), seorang gadis yang berprofesi sebagai penari. John dan Summer melihat Mimi sebagai gadis muda, sehat, dan memiliki fisik terbaik untuk mengandung anak mereka nantinya.

Mimi sendiri punya cita-cita ingin pergi ke 'Bollywood' (pusat perfilman India) dan menjadi aktris film ternama. Namun ia tak memiliki cukup uang untuk pergi ke sana. Dengan imbalan 20 lakh rupee (setara 400 juta rupiah), Mimi akhirnya bersedia menerima tawaran John dan Summer.

Dari persoalan sewa menyewa rahim, Mimi melebarkan banyak lapisan konflik yang bisa membuat kita merenung tentang apa sebenarnya hakikat hubungan anak dan orangtua, apa sebatas transaksi bisnis atau memang ada kasih sayang di dalamnya.

12. Slumdog Millionare (2008)


Di deretan terakhir ada bonus film India terbaik yang sebetulnya produksi Hollywood. Karena menggunakan latar dan aktor India, tak ada salahnya jika film ini kita anggap juga sebagai film India.

Filmnya sendiri bercerita tentang seorang anak miskin yang mendadak kaya karena berhasil menjawab seluruh pertanyaan kuis Who Wants to be A Millionare. Tapi bagaimana bisa seorang yang miskin berhasil menjawab kuis tersebut? Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan terakhir yang tentunya kamu akan dapatkan jawabannya setelah menontonnya.

Dengan penceritaan yang unik, nggak heran kalau Slumdog Millionare adalah film India terbaik yang berhasil membawa pulang 4 piala Oscar.

Sebetulnya masih banyak lagi film India terbaik yang belum masuk daftar. Sila kamu tambahkan film India terbaik versi kamu sendiri ya, dan jangan lupa sertakan juga alasannya.

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

20 comments

  1. Wah, baca ini serasa nostalgia
    Dari list yang ditulis di sini, beberapa aku sudah tonton
    Paling favorit sampai saat ini adalah Kuch Kuch Ho Ta Hai
    Sudah lama banget aku nggak nonton film India nih
    1. Kuch Kuch Hota Hai memang favorit sejuta umat.
  2. wadaaaw yang PK bikin aku ter... ter..... nganu

    Film India itu memang beda loh, kita akan ngerasa relaks aja gitu nontonnya, siap untuk dibawa entertaining rasanya! Ada nyanyi - nangis - magic - bahkan beberapa unbelievable scene yang emang ga bikin kita disuruh mikir.
    1. ter...ter....nganu itu apa?
  3. Aku nonton film India yang nomor 1-3, kemudian My Name is Khan, Slumdog Millionaire, sama Mohabbatein. Yang Kuch Kuch Hota Hai itu sampai beberapa kali nonton, hahahaa. Aihh penasaran loh dengan PK, dari ulasannya aja udah bikin kepo.
    1. Boleh lho PK ditonton.
  4. Shah Rukh Khan emang rajanya film India yaa.

    BTW Kak Raja pasti udah nonton 'Bend it like Beckham' kan ya? Walau setting di inggris tapi tokohnya cewek india dan ada budaya india.
    1. Iya nih SRK mah tak tergantikan.

      Aku belum nonton sih. Pas googling ternyata keluaran 2000an. Aku masih SD.

      But, terima kasih insightnya. Masuk list dulu.
  5. Nomor 1 2 3 itu lejen bener pada masanya.. dulu saya juga fans bener sama film film ini.. sebelom drakor menyerang hihihi.. cuman tipikal pilem india selain suka nari nari, itu durasinya luamaaa ya
    1. Rata-rata memang 2-3 jam. Jarang ada yang di bawah 2 jam.
  6. Dan sangat melekat di hatiku ya Kabhi Kushi Kabhi Gam. Nonton berkali-kali tetep aja nangis sesenggukan.
    1. Emang sesedih itu filmnya.
  7. sebagian besar film-filmnya Aamir Khan yaa. Dan memang harus saya akui, Aamir selalu sukses membawakan perannya di film. setelah baca artikel ini, saya jadi penasaran pengen nonton film Mimi. Nanti au coba cari ahh
    1. Yoha. Menurut saya Aamiir Khan perannya lebih variatif dan filmnya banyak yang bertema humanisme.

      Selamat menonton Mimi.
  8. Dah lama banget ga nonton film India, tapi salah satu yang berkesan itu Mohabbatein sih, pas SRK lagi ganteng-gantengnnya. (Skrg sih masih ganteng juga, tapi pas film itu tayang nah itu yang lagi ganteng hehehe)
    1. Memang aktor India banyak yang bisa menjaga badan meski sudah berusia 40+. Jadi masih terlihat fresh.
  9. dari list film India tersebut, aku baru nonton PK, 3 Idiots dan Mimi. Dan emang Amir khan sukses membuatku tertarik nonton film India. Menarik banget emang pesan yang diselipkan dalam filmnya
    1. Welcome to the club!
  10. Paling memorable mah tentu saja 3 Idiots. Dulu aku sampe nontonnya berkali-kali. Meaningful banget, bikin aku selalu keinget sama teman-teman seperjuangan semasa sekolah dulu.
    1. Sepakat. 3 Idiots salah satu film tentang pendidikan yang digarap dengan baik.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.