Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Daftar Film Indonesia yang Tayang Agustus 2023, Nggak Cuma Horor!

Nggak hanya horor, deretan film Indonesia Agustus 2023 dimeriahkan genre lain seperti remaja, kearifan lokal, hingga drama pernikahan
Horor lagi horor lagi!

Nampaknya tahun 2023, genre horor sedang naik daun. Seenggaknya sampai dengan pertengahan Juli 2023, 4 dari 5 film Indonesia terlaris 2023 bergenre horor.

Mereka adalah Sewu Dino, Waktu Maghrib, Khanzab, dan Sosok Ketiga. Di antara mereka ada Buya Hamka Vol.1 yang berhasil pecahkan deretan terlaris sehingga tidak dihuni oleh horor semua.

Begitu juga di Agustus 2023. Film horor masih akan menghiasi bioskop. Tapi tenang saja, genre lainnya juga punya daftar yang nggak kalah menarik.

Berikut 8 Film Indonesia yang bisa kamu tonton di Agustus 2023. Cekidot!

1. Suzzanna Malam Jumat Kliwon (3 Agustus 2023)

Genre horor membuka deretan film Indonesia Agustus 2023. Tapi saya jamin ini bukan horor murahan yang digarap sekadar asal jadi.

Suzzanna Malam Jumat Kliwon adalah film kedua dari franchise remake Suzzanna yang dikerjakan oleh Soraya Intercine Films. Sebelumnya, proyek pertamanya Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur yang rilis tahun 2019 sukses mencuri perhatian penonton.

Kini Suzzanna yang diperankan Luna Maya kembali. Ceritanya tentang Suzzanna yang disantet pada malam Jumat Kliwon. Kemudian ia datang kembali untuk membalas dendam, dalam wujud sundel bolong.

Selain Luna Maya, film arahan Guntur Soeharjanto ini diperkuat oleh Achmad Megantara, Taskya Namya, Tyo Pakusadewo, Sally Marcellina, Opie Kumis, Adi Bing Slamet, Yurike Prastika, dan Clift Sangra.

Melihat dari trailernya, saya kira film ini bakal jadi film horor romantis. Apalagi urusan soundtrack-nya dikerjakan oleh Melly Goeslaw. Can't wait!

2. Dear Jo: Almost is Never Enough (10 Agustus 2023)

Mungkin masih jarang film Indonesia yang mengangkat cerita tentang surrogate mother atau ibu pengganti. Terakhir saya melihat cerita seperti ini di film Bollywood berjudul Mimi.

Dan kini cerita tersebut bisa kita saksikan dalam Dear Jo: Almost is Never Enough yang diproduksi oleh MVP Pictures.

Ceritanya tentang pasangan suami istri muda, Joshua (Jourdy Pranata) dan Maura (Shalsabilla Andriani). Mereka bekerja di Azerbaijan dan bisa dikatakan sukses secara finansial.

Walau begitu, kehidupan mereka terasa hampa karena Maura tidak bisa hamil. Akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan sewa rahim perempuan lain agar tetap bisa memiliki keturunan.

Terpilihlah Ella (Anggika Borsterli), sahabat mereka sendiri yang juga tinggal di Azerbaijan yang akan dijadikan sebagai ibu pengganti.

Saya penasaran duet maut sutradara Monty Tiwa dan Lakonde ini akan membawa ke mana ceritanya? Mengingat tema seperti ini akan sangat mungkin membenturkan antara sains, teknologi, hukum, dan agama.

3. Primbon (10 Agustus 2023)

Seminggu setelah Suzzanna, kita masih bisa menyaksikan film horor lagi. Kali ini ada film berjudul Primbon yang akan menjadi unjuk kebolehan aktor senior seperti Happy Salma dan Jajang C. Noer.

Cerita bermula dari dua orang sahabat Rana dan Janu yang melakukan pendakian. Tapi sayangnya, Janu (Chicco Kurniawan) pulang sendirian, sementara Rana menghilang dan tak ada kabar beritanya.

Setelah seminggu dilakukan pencarian, Rana (Flavio Zaviera) tiba-tiba saja pulang ke rumah. Kedatangan Rana membuat satu keluarga besar terpecah belah.

Keluarga besar tersebut masih memegang teguh primbon, sehingga beranggapan Rana yang pulang bukanlah Rana sebenarnya. Sementara sang ibu, bersikukuh kalau yang pulang adalah Rana anaknya.

Masih sesuai pedoman primbon yang mereka pegang, satu-satunya cara untuk membuktikan siapa Rana sebenarnya adalah dengan diruwat.

Lantas, apakah dia yang pulang memang Rana atau makhluk lain?

4. Catatan Si Boy (17 Agustus 2023)

Bagi generasi 80-an, tentu tidak akan bisa melupakan persona sosok Boy yang diperankan oleh Onky Alexander. Karakter Boy yang diperankannya sungguh ikonik dan melekat.

Maka tak heran, ketika trailer film Catatan Si Boy diluncurkan, banyak komenan netizen yang membandingkan Angga Yunanda dengan Onky Alexander.

But, satu hal yang perlu diperhatikan, dalam proses pengadaptasian sebuah karya menjadi film, sutradara punya hak penuh menerjemahkannya sesuai dengan interpretasinya. Lain ladang lain belalang, lain sutradara lain pendekatan.

Jadi sebelum membandingkan atau bahkan mencaci maki, sebaiknya kita tonton dahulu saja Catatan Si Boy versi Hanung Bramantyo ini.

Secara garis besar, ceritanya mungkin tidak banyak berubah. Masih tentang Boy, seorang mahasiswa tampan, kaya, menyenangkan, dan disukai banyak gadis.

Tapi cinta Boy hanya untuk Nuke seorang yang sayangnya tidak direstui oleh ayahnya Nuke.

Ya, ciri khas film remaja 80-an tentang romansa yang tidak direstui oleh orang tua sebagaimana yang juga kita temukan dalam Gita Cinta dari SMA.

5. Lantai 4 (17 Agustus 2023)

Saya nggak terlalu ngeh, kalau dalam lift jarang ada lantai 4-nya. Boleh teman-teman yang beraktivitas di gedung bertingkat, cek lift ya, apakah gedungnya memiliki lantai nomor 4 atau tidak.

Tapi lantai 4 yang satu ini adalah lantai sebuah apartemen yang hanya dihuni oleh Oma Lie (Ingrid Widjanarko). Di sisi yang lain, ada satu keluarga yang harus pindah ke apartemen ini karena mengalami kebangkrutan.

Laura (Yuki Kato), anak sulung dari keluarga ini, merasakan banyak keanehan setelah pindah ke lantai 4. Ia terus menerus mengalami teror misterius yang turut juga mengancam jiwa keluarganya.

Sudah bisa ditebak 'kan gimana kelanjutan ceritanya?

6. Galaksi (24 Agustus 2023)

Pola film remaja SMA selepas sukses Dear Nathan dan Dilan adalah siswa cowok nakal plus ketua geng motor yang jatuh cinta pada siswi gadis baik-baik nan berprestasi. Di sisi lain si cowok punya masalah dengan keluarganya, biasanya dengan ayahnya, sehingga ia menuntut perhatian dari si cewek.

Itu juga yang terjadi pada film remaja Galaksi produksi Rapi Films dan Screenplay Films ini.

Galaksi (Bryan Domani), ketua geng motor Ravispa dari SMA Ganesha jatuh cinta pada Kejora (Mawar de Jongh), gadis paskibra di sekolah tersebut. Cintanya pada Kejora membuat Galaksi nggak segarang biasanya.

Sementara itu, Galaksi juga memiliki konflik dengan ayahnya yang tanpa sengaja diketahui oleh Kejora. Eng ing eng, terbitlah rasa empati Kejora terhadap Galaksi.

Tapi, kedekatan Galaksi dan Kejora justru memicu konflik dengan Paskibra dan memantik permusuhan lama dengan geng motor Avegar.

Akankah mereka mampu melalui tantangan dan tetap bersama?

7. Mappacci – Malam Pacar (24 Agustus 2023)

Saya senang bahwasanya film-film berlatar lokal bisa mewarnai keragaman film Indonesia. Meski tidak semuanya direspon baik oleh penonton. Seperti Jendela Seribu Sungai yang berlatar Banjarmasin atau Onde Mande! yang berlatar Minangkabau, seakan terlupakan kalau mereka tayang di bioskop.

Kamu juga nggak tahu 'kan ada dua film yang saya sebutkan ini?

Maka pujian juga patut saya berikan pada Mappacci-Malam Pacar (selanjutnya Mappacci) yang tetap berani mengundi keberuntungannya di bioskop.

Sebelumnya, saya jelaskan dulu apa itu mappacci. Dilansir dari berbagai sumber, malam mappacci bisa diartikan sebuah acara sekaligus tradisi di Makassar yang diperuntukkan untuk pasangan yang hendak menikah.

Malam ini diisi dengan doa-doa dan dilangsungkan dengan penuh khidmat. Dengan tujuan agar mereka menjadi pasangan suami istri yang berhasil membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah,dan warahmah.

Tenri, calon mempelai wanita menerima kabar jikalau Iwan, calon suaminya mengalami kecelakaan kapal tenggelam tepat di malam mappacci.

Momen pernikahan yang seharusnya bahagia berubah jadi malam Yasinan. Dan Tenri pun depresi. Tapi ibunya terus menerus membersamai agar Tenri tidak putus asa.

Berwaktu-waktu setelah kejadian tersebut, Tenri berhasil move on dan menerima lamaran laki-laki lain. Tapi di saat yang bersamaan, tersiar kabar kalau Iwan berhasil ditemukan.

Hayooo…loh Tenri.

8. Puspa Indah Taman Hati (31 Agustus 2023)

Setelah Galih dan Ratna berpisah karena terhalang restu ayahnya Ratna, Galih bertemu dengan Marlina, gadis yang mirip sekali dengan Ratna.

Galih dan Marlina pun menjalin kedekatan. Tapi belakangan Marlina menyadari kalau hubungan mereka semata-mata karena Galih masih mengingat Ratna. Ia mencintai kekasihnya dahulu bukan dirinya. Terlebih ketika Ratna hadir kembali di kehidupan mereka.

Itulah secuil kisah Puspa Indah Taman Hati yang merupakan lanjutan dari Gita Cinta dari SMA yang tayang pada Februari 2023 lalu.

Tidak ada penggantian pemeran. Karakter Galih tetap dimainkan oleh pendatang baru Yesaya Abraham. Sementara di seri kali ini, Prilly Latuconsina berperan ganda, menjadi Ratna dan Marlina sekaligus.

So, bagaimana akhir kisah cinta segitiga mereka? Apakah Galih kembali kepada Ratna dan melupakan Marlina, atau justru Galih menganggap kehadiran Ratna hanya bagian dari masa lalunya?


Itulah 8 Film Indonesia yang bisa kamu tonton di bulan kemerdekaan ini. Walau nggak ada film yang spesifik tentang perjuangan kemerdekaan atau pahlawan nasional, tapi kamu bisa memilih satu atau beberapa dari daftar di atas.

Selamat menonton!

Read Also :
Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi Jurnalis atau Entertainer namun malah tersesat di dunia Informatika

6 comments

  1. Sebagai penggemar film horror, saya sih sudah mengincar film Malam Jumat Kliwon dan Primbon itu. Ehh ternyata ada Lantai 4 juga. Baiklah, nambah lagi deh list film yang bisa kutonton. Btw, film Malam Pacar kayaknya oke juga nih buat selingan.
    1. Jadi sudah nonton apa saja selama Agustus?
  2. Saya penasaran sma film Catatan Si Boy, pengen tau interpretasi terbaru kayak gimana karena sebelumnya sudah berberapa kali di remake. Malam Mapacci juga pengen nonton karena udah liat trailernya di bioskop. Pemainnya orang Makassar asli sepertinya jadi menarik karena kesempatan bintang lokal untuk bersinar
    1. Catatan Si Boy dibawa ke latar kekinian. Dan menurut saya layak ditonton.
  3. jujur saya penasaran nih sama catatan si boy apakah angga yunanda bisa menyami karakter boy-nya mas Ongky alexander. Kalau film jendela seribu sungai itu jujur saya juga belum nonton nih dan sayang banget teman yang sudah nonton juga nggak bikin reviewnya
    1. Silakan ditonton di bioskop. Semoga layar Catatan Si Boy masih ada.
Terima kasih telah berkunjung ke RajaSinema. Kami sangat senang jika anda berkenan meninggalkan komentar dengan bijak, tanpa link aktif, dan atau kata-kata kasar.